Minggu, Juni 12, 2011
9

Peluang Bisnis - Potensi Usaha Alat Tulis Kantor

Blog Bisnis Online - Bidang usaha itu banyak ragamnya, salah satunya adalah usaha alat tulis kantor yang akan kita bahas dalam kesempatan ini. Bagaimana cara memulai dan strategi dalam usaha ini, semuanya kita akan kupas secara ringan namun mencakup isi seluruhnya.

Usaha alat tulis kantor terbilang sangat prospektif, karena tingkat kebutuhan akan produk ini selalu mengalir setiap hari beriring dengan perkembangan laju bisnis konvensional dan dunia pendidikan yang senantiasa terus berkembang dari waktu kewaktu.

Persiapan Usaha Alat Tulis Kantor
Apa saja yang harus sobat persiapkan sebelum memulai usaha alat tulis kantor? Pertama yang harus sobat lakukan adalah menyiapkan semua perlengkapan yang berkaitan dengan usaha ini, seperti sewa toko, etalase dan pembukuan sebagai bentuk manajemen simpel.

Untuk meminimalisir modal adalah dengan cara memilah poin-poin pentingnya saja, jangan terlalu ambisius sehingga modal bengkak kemana-mana, itu jika modal sobat masih pas-pasan. Namun jika sobat memiliki modal yang cukup ya silahkan saja, tentu akan lebih baik.

Carilah penyewaan toko yang strategis, ini penting karena lokasi yang bagus biasanya akan memiliki nilai market yang tinggi. Tidak perlu luas, yang penting bisa digunakan untuk aktifitas usaha.

Jika lokasi sempit, katakanlah 2 x 2 meter, maka sobat harus bisa menatanya dengan rapi, sehingga padat dan nyaman dipandang mata oleh para pengunjung. Artinya, begitu pengunjung sampai didepan toko sobat, para pengunjung tidak merasa kesulitan untuk melihat produk-produk yang mereka butuhkan.

Lalu lokasi yang strategis itu yang seperti apa sih? Karena ini adalah usaha alat tulis kantor, maka lokasi yang strategis adalah lokasi yang dekat dengan perkantoran, sekolahan dan kampus-kampus.

Kerjasama Dengan Toko Grosir
Dengan tingginya persaingan dalam usaha ini, maka langkah berikutnya yang harus sobat lakukan adalah mencari toko grosir dengan harga yang kompetitif untuk sobat jadikan tempat perbelanjaan. Harga murah dengan kualitas produk yang bagus akan menjadikan para pembeli nyaman dan akhirnya menjadi pelanggan tetap toko atk sobat.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya tentang toko grosir alat tulis kantor dikota-kota terdekat sobat. Setelah itu kunjungi satu persatu untuk studi banding dari harga yang mereka tawarkan sampai sobat temukan yang paling pas menurut naluri sobat.

Langkah ini sangat penting, karena mau tidak mau sobat harus bersaing dengan toko-toko alat tulis kantor yang lain. Jika harga yang sobat tawarkan kepada para pembeli itu mahal dibandngkan dengan harga toko yang lain, maka alamat toko sobat akan sepi dari para pembeli.

Gencar Melakukan Promosi
Berikutnya sobat juga harus gencar melakukan promosi agar toko alat tulis kantor sobat semakin terkenal dikalangan masyarakat setempat. Bagaimana cara promosinya? Caranya sobat bisa mencetak brosur atau pamflet untuk sobat bagikan kepada orang-orang disekitar area dalam jangkauan toko sobat tersebut.

Lakukan aktifitas ini secara konsisten, maka dengan berjalannya waktu, toko sobat akan semakin dikenal oleh masyarakat setempat. Jangan lupa bagikan brosur kepada para pembeli juga, barang kali nanti ada keluarga dan teman-temannya yang membutuhkan produk atk, maka toko sobat bisa menjadi solusinya.

Sebelum buka toko, atau setelah tutup toko, sobat bisa berkeliling kekomplek-komplek sekitar area toko atk sobat untuk membagikan brosur. Dengan demikian, informasi tentang toko atk sobat akan cepat menyebar luas ditengah-tengah masyarakat setempat, dan ini sangat bagus untuk perkembangan toko atk sobat kedepan.

Memanfaatkan Momentum Usaha
Yang terakhir adalah sobat harus pandai-pandai dalam memanfaatkan momentum usaha. Bagaiman caranya? Mudah, caranya adalah disetiap kenaikan kelas atau penerimaan mahasiswa baru, ini jika lokasi toko sobat berada disekitar area sekolahan dan kampus, sobat bisa melakukan stok produk lebih banyak dijauh-jauh hari.

Untuk apa? Ya untuk menyongsong datangnya momentum tersebut. Karena disetiap momentum seperti diatas itu tingkat kebutuhan anak sekolah dan mahasiswa akan lebih banyak dan biasanya harga akan melambung tinggi.

Jika sobat memiliki stok produk banyak dijauh hari sebelum harga melambung, maka sobat bisa hitung sendiri kira-kira berapa banyak nilai keuntungan yang akan sobat dapatkan dengan sistem memanfaatkan momentum seperti ini.

Demikianlah potensi usaha alat tulis kantor yang layak untuk sobat tekuni sebagai bidang usaha pilihan. Konsep ini mengacu pada mekanisme secara teoritis saja, jika sobat ingin membuktikan tentu sobat harus terjun dan praktek secara langsung, sehingga sobat akan menjadi mahir dalam hal usaha alat tulis kantor, salam sukses.

9 komentar:

  1. mantab artikelnya broo ..

    BalasHapus
  2. thanks ya bro buat artikelnya, jadi pengen buka juga usaha ATK ... doain ya

    BalasHapus
  3. Betul mas bro, tempatnya harus strategis dekat kampus atau perkantoran...
    thanks infonya

    BalasHapus
  4. saya juga punya rencana usaha atk, hanya belum tahu tempat kulakan di daerah saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus itu sobat, segera realisasikan niatan sobat tersebut, sayang kalau tidak segera ditindak lanjuti. Sobat bisa nanya-nanya tempat kulakan yang paling bagus ditempat sobat, kepada kenalan, tetangga atau siapa saja. Kalau nggak sobat bisa googling untuk mendapatkan informasi kulakan ATK diwilayah tersebut.

      Hapus
  5. Sekarang ATK bisa dipesan online juga di website kami, jadi tidak usah repot-repot nyari-nyari toko/kios ATK. Daripada capek keliling-keliling kena macet dan panas kenapa tidak cari yang simpel aja. Klik http://www.belbuk.com/atk-c-4.html untuk pemesanan keperluan ATK Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sobat Geraldo Simbolon, makasih atas infonya, salam sukses selalu.

      Hapus

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih