Rabu, September 01, 2010
0
 
Bisnis Online - Tips Memilih Domain Plus Hosting Terbaik
 
Blog Bisnis Online - Memilih domain dan hosting tentu tidak asal begitu saja, akan tetapi haruslah dengan beberapa pertimbangan untuk jangka panjang. Apa lagi jika difungsikan sebagai tempat usaha atau bisnis. Jika tidak serius dalam pemilihannya, maka dampaknya akan cukup fatal kelak dikemudian hari. Saya ada beberapa tips untuk sobat online cara memilih domain dan hosting yang terbaik.

Tips Memilih Domain Terbaik
Domain yang terbaik itu domain yang seperti apa sih? baik, saya akan jelaskan kepada sobat semua. Domain yang terbaik adalah,

Pertama, domain yang terbaik itu adalah domain yang serasi dengan topik blog sobat, jika blog sobat membehas tentang bisnis online, janganlah sobat memilih domain tentang kesehatan, ini namanya nggak nyambung. Contoh, blog ini membahas tentang bisnis online maka saya pilih domain yang sesuai dengan topik blog ini, yaitu www.blogbisnisonline.net, dan saya tidak pilih www.blogkesehatan.net, ini sebagai gambaran saja. Baik, sobat sudah faham ya? Mari kita lanjutkan lagi...

Kedua, jangan memilih domain yang susah untuk dihapal, ingatlah! Sobat butuh pengunjung blog, jika blog sobat susah untuk dihapal, biarpun topik blog sobat bagus, maka jangan salahkan saya jika pengunjung sobat tidak akan pernah kembali lagi keblog sobat lantaran lupa yang dikarenakan susahnya domain sobat untuk dihapal. Tidak semua para pengunjung dapat menggunakan fasilitas bookmark, Contoh domain blog ini adalah www.blogbisnisonline.net, memang lumayan panjang, tetapi cukup mudah untuk dihapal kan? Beda jika saya buat www.blog-seputarbisnis-online.net, ini cukup rumit sobat, usahakan jangan sampai lebih dari 3 kalimah saja. Jika perlu ditambahkan karakter penyambung, maka janganlah terlalu banyak, cukup satu saja ya.

Jangan pernah menggunakan domain yang berkonotasi SARA, dampaknya nanti blog sobat bisa diblacklist oleh search engine, trutama google. Ini akan tidak baik bagi blog sobat dalam jangka panjang.

Ketiga, Cari nama domain yang SEO friendly, contoh blog ini saya bidik dengan keyword "blog bisnis online" maka nama domainnya saya pilih www.blogbisnisonline.net untuk target Indonesia. Bagaimana hasilnya saya kurang faham, akan tetapi jika sobat penasaran, silahkan pergi ke google Indonesia sini, lalu ketikkan kata kunci "blog bisnis online" tanpa tanda petik, kira-kira blog ini muncul nggak di 10 halaman pertama google? Silahkan sobat buktikan sendiri ya, kalau tak mau bukti, yo monggo kita lanjutkan.

Tips Memilih Hosting Terbaik
Hosting terbaik itu hosting yang seperti apa sih? Baik, saya akan jelaskan secara teoritis saja, karena saya sendiri hostingnya masih numpang diblogger, hehehe... Belum butuh hosting yang besar karena traffik pun masih Senin wal-Kemis. Tapi jika nanti dibutuhkan, maka saya akan siap migrasi dari hosting gratisan ini. Okay kita lanjutkan...

Pertama, pilihlah hosting sesuai dengan kebutuhan sobat. Jangan ambil paket yang besar dulu, jika traffik masih rendah, atau mungkin numpang dulu sama blogger seperti saya ya, hehehe... Nggak papa, tapi jika nanti dibutuhkan atau traffik meledak ya sobat harus siap untuk melakukan migrasi dengan penyewaan hosting yang berkapasitas lebih besar lagi, begitu sobat...

Kedua, sesuaikan hosting dengan target pengunjung sobat, jika blog sobat targetnya Indonesia, ya pilih hosting dari Indonesia, jika Amerika targetnya, ya pilih penyewaan hosting di Amerika sana, secara SEO ini akan besar sekali pengaruhnya.

Ketiga, carilah hosting dengan fitur terlengkap, ya... setidaknya ada fitur PHP, MySql, subdomain dan lain sebagainya. Ini sebagai parameter saja, apalagi jika sobat belum faham tentang seluk beluknya, maka hal ini sangat penting sebagai bahan rujukan.

Keempat, cek terlebih dahulu kecepatan loadingnya, jika kecepatannya payah, maka jangan pernah sobat sewa. Pengunjung akan booring jika blog sobat loadingnya lama, maka mereka tak akan segan-segan mengclose window komputernya untuk beralih ke kompetitor sobat dengan loading blog yang lebih ringan alias cepat. Akhirnya sobat juga to yang rugi, makanya jangan pernah abaikan informasi ini, karena ini sangatlah penting.

Kelima, untuk bandwidth hosting gunakan sesuai porsi situs sobat, jika situs sobat masih sepi dari pengunjung ya pakai paket yang paling murah, jika pengunjung sudah ramai, ya jangan segan-segan untuk mengambil paket bandwidth yang unlimited.

Keenam, carilah informasi seputar penyewaan server hosting yang paling tepat kepada senior-senior sobat yang sudah membuktikan dan berpengalaman. Biasanya seorang blogger jika ditanya oleh para pemula, akan dengan antusias menyampaikan dan berbagi akan pengalamannya.

Ketujuh, hosting adalah tempat penyimpanan file-file penting dari blog sobat, maka pilihlah hosting dengan sistem keamanan yang bagus, bilamana perlu carilah yang bergaransi. saya kira informasi ini sudah cukup panjang, jika sobat ada tambahan lagi seputar tips memilih domain plus hosting terbaik, maka silahkan berbagi melalui kolom komentar dibawah ini. Terima kasih atas kunjungannya dan sukses untuk sobat semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih