Selasa, Desember 30, 2014
0

Bisnis Online - Cara Mengikuti Program Google Adsense

Blog Bisnis Online - Tidak dipungkiri lagi bahwa adsense adalah jenis bisnis online yang sangat potensial di internet. Bahkan para mastah di Indonesia sini banyak yang sudah membuktikannya. Penghasilan mulai dari ratusan dollar hingga ribuan dollar perbulan bukanlah suatu hal yang asing lagi dibisnis ini.

Apa sih adsense itu? Dalam pemahaman sederhananya, adsense adalah program PPC (Pay Per Click) yang diadakan oleh google untuk menayangkan iklannya disitus-situs yang telah menjadi partner mereka. Pembayaran akan diberikan kepada pemilik situs berdasarkan setiap klik unik yang dilakukan oleh para pengunjung situsnya.

Jika sobat berminat untuk mengikuti program adsense, maka sobat harus memperhatikan hal-hal penting yang berkaitan dengan hal berikut. Sebelum sobat mendaftarkan situs sobat untuk menjadi publisher (penayang iklan) digoogle, maka dari pihak Google akan menguji kelayakan blog sobat sebagai calon publishernya.

Ini penting menurut google, karena google bukanlah perusahaan bodoh yang asal berpartner dengan sembarangan situs, dia pasti akan menjaga kredibilitasnya dalam profesionalitas bisnis. Ini yang harus sobat fahami dan harus sobat persiapkan sedari awal agar layak menjadi partnernya. Karena tidak semua situs diterima oleh Google. Google memberikan beberapa persyaratan ketat untuk hal ini.

Untuk itu dalam kesempatan ini saya akan jelaskan kepada sobat online yang sudah benar-benar serius hendak menekuni bisnis google adsense tentang cara mengikuti program google adsense. Ini penting, karena jika sobat main mendaftarkan situs sobat begitu saja untuk menjadi publisher google adsense, sedangkan sobat belum tahu apa-apa saja yang menjadi persyaratan dari google, maka sudah pasti 100 % pendaftaran sobat akan ditolak oleh Google.

Apa saja yang perlu sobat siapkan agar sobat bisa mengikuti program bisnis online yang diprakarsai oleh Google ini? Marilah kita bahas satu persatu dalam penjelasan singkat berikut ini. Santai boleh, sambil ngopi atau minum teh pun juga boleh, akan tetapi pesan saya, janganlah mengurangi fokus, agar informasi ini tidak ada yang terlewat satu pun dalam pemahaman sobat. Jika sobat benar-benar faham dan akhirnya sukses dibisnis google adsense, siapa yang untung hayo... Sobat sendiri bukan? Makanya, mari kita fokuskan dalam pembahasan ini.

Pertama, apakah sobat sudah memiliki situs? Jika belum, maka bersegeralah untuk membuat situs yang nantinya sobat bisa monetize untuk menjadi publisher google adsense. Di mana sobat harus membuat situs? Banyak tempat untuk membuat situs, saran saya agar diterima oleh google, buatlah situs di blogspot atau blogger dot com. Karena situs ini milik google, maka besar sekali nilai kemungkinannya untuk situs sobat di terima oleh google.

Jangan buat di wordpress, berdasarkan ketentuan google dan wordpress, ini kedua-duanya bertolak belakang dari segi TOS (Term of Service) masing-masing, jadi jika sobat membuatnya dari platform wordpress, maka siap-siap sobat ditolak oleh google. Untuk pergi ke situs blogger, silahkan Anda klik di sini.

Kedua, jangan asal dalam membuat konten didalam situs yang akan sobat daftarkan kegoogle adsense. Buatlah konten original, jangan pernah melakukan copy-paste dari situs lain. Jika ini sobat lakukan, maka sudah pasti pendaftaran sobat ditolak pula oleh google. Bagi sobat yang masih baru dalam hal membuat konten, tentu berpikir susah untuk membuat sebuah konten yang original, maklumlah saya pun juga dulu berfikir demikian.

Membuat konten original sebenarnya tidaklah susah, sangat mudah sekali jika sobat sudah faham caranya. Contoh saja nih, kalau sobat pergi ke google dan mengetikkan keyword apa saja, misalkan saja keyword "busana muslim", tentu sobat akan diberikan referensi ratusan, ribuan, bahkan jutaan informasi dalam situs yang membahas tentang busana muslim oleh google.

Semua situs tersebut jika sobat buka satu persatu pasti isinya sama dari segi topik, yaitu membahas tentang busana muslim, akan tetapi masing-masing dari situs itu berbeda dalam pola penyampaiannya berdasarkan karakter dari admin situs tersebut.

Jika sobat sedang tidak ada ide, pergi saja ke google, masukkan kata kunci tersebut dan lihat tuh digoogle topik yang ingin sobat bahas untuk menjadi konten situs sobat berdasarkan referensi dari google. Pilih salah satu situs saja, baca secara garis besar, pahami isi konten tersebut dan sampaikan dengan gaya penyampaian sobat untuk isi konten situs sobat, di jamin konten situs sobat akan menjadi konten yang original. Mudah kan cara membuat konten original? Nah, itulah pentingnya ilmu, segera praktekkan.

Ketiga, ketika membuat situs di blogger apakah umur sobat dalam profil sudah masuk kategori layak untuk menjadi publisher google? Berapakah sebenarnya umur yang di persyaratkan oleh google? Persyaratan dari google, sobat minimal harus sudah berumur 18 tahun atau lebih. Bagi sobat yang masih di bawah umur tersebut, segera ganti profil umur sobat minimal 18 tahun atau lebih, jika tidak, maka google tidak akan pernah meminang sobat menjadi publishernya.

Keempat, apakah situs sobat sudah berumur 6 bulan lebih? Di beberapa negara lain, seperti China dan India itu di persyaratkan oleh google dengan persyaratan yang demikian menurut TOS (term of Service) dari google. Maka jika situs sobat belum berumur 6 bulan, besar potensinya untuk ditolak oleh google. Kalau persyaratan ini sih sepertinya tidak mutlak banget, karena banyak juga situs-situs dari Indonesia yang baru berumur 3 bulan, bahkan yang baru berumur 1 bulan pun di terima oleh google asal tahu cara merayunya, hehehe...

Bagaimana cara merayunya? Caranya merayunya adalah dengan cara mengisi konten situs sobat dengan konten-konten original yang berkualitas. Lakukan update 2 konten dalam setiap harinya. Nah, dalam sebulan terhitung dalam masa 30 hari sobat sudah berhasil membuat 60 konten original berkualitas dalam situs sobat. Konon katanya, 60 konten original berkualitas sudah bisa membuat google klepek-klepek dibuatnya dan mau tak mau dia harus menerima pinangan sobat, lebih dari itu tentu akan lebih baik.

Kelima, buatlah beberapa halaman khusus yang mencerminkan bahwa situs sobat adalah sebuah situs yang cukup profesional dimata google seperti halaman about me atau about us terserah sobat sesuai dengan topik yang sobat bahas dalam situs apakah bersifat personal atau global, privacy policy, contact, disclaimer atau term of service, dan sitemap. Itu saja kira-kira secara garis besar persyaratan dari google untuk para publishernya dalam rangka uji kelayakan situs versi google adsense.

Yang Keenam, jangan lupa berdo'a, karena kekuatan do'a besar pengaruhnya terhadap semua bentuk aktifitas duniawi bagi kita yang beriman. Bagi sobat yang muslim, bisa dengan melakukan shalat istikharah maupun hajat agar Allah meridhai bisnis sobat dan akhirnya bermanfaat, menjadi rizqi halal dan berkah dikehidupan sobat dari dunia sampai nanti diakherat, Insya Allah...

Demikian cara mengikuti program google adsense yang bisa saya bagikan kepada sobat online semua pada kesempatan ini. Semoga tutorial google adsense ini bermanfaat untuk sobat online semua. Terima kasih telah berkunjung keblog ini, salam hangat dan salam sukses selalu, selamat berbisnis...

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih