Minggu, Desember 07, 2014
2

Bisnis Offline - Bisnis Variasi Motor

Blog Bisnis Online - Bisnis variasi motor itu termasuk salah satu jenis bisnis offline yang cukup prospektif. Dengan banyaknya volume kendaraan bermotor yang terus bertambah menjadikan variasi motor semakin banyak digandrungi, terutama para kawula muda yang tak cukup puas dengan kendaraan hasil desainan pabrik. Mereka ingin tampil beda dengan memvariasi motor mereka.

Kendaraan bermotor dengan variasi yang terlihat indah dan unik, menjadikan para pengendaranya lebih pede karenanya. Maka tidak heran jika bisnis ini semakin ramai saja, bahkan bukan hanya dikota-kota besar saja, didesa-desa juga sudah mewabah virus variasi motor ini, terutama dikalangan para kawula mudanya. Sobat bisa temukan disana motor-motor yang dibikin ceper dan simpel sebagai bentuk variasi masa kini.

Jika sobat online berminat dan telah siap untuk menekuni bisnis variasi motor ini, sobat harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Saya akan jelaskan semua hal-hal yang perlu sobat persiapkan diawal sebagai bahan pertimbangan dasar. Berikut ini persiapan untuk memulai bisnis variasi motor...

Modal Bisnis
Yang pertama adalah modal bisnis untuk anggaran sewa tempat dan produk. Namanya bisnis offline tentu sobat memerlukan sewa tempat untuk menjalankan roda bisnis sobat tersebut. Dan produk-produk sobat itu nanti akan menjadi nilai plus sobat dalam berbisnis. Bisnis variasi motor tentu mengacu pada hal-hal yang bersifat unik dalam hal desain dan modifikasi yang berbeda dengan produk pabrikan. Inilah PR sobat yang pertama.

Lokasi Bisnis
Lokasi dibisnis offline itu sangat menentukan sekali. Jadi sobat tidak boleh asal dalam memilih lokasi bisnis. Sobat harus cermat dalam menentukannya, karena dampaknya sangat serius kelak dikemudian hari. Pilihlah lokasi yang ramai lalu lalang kendaraan bermotornya, tentu akan lebih bagus lagi jika dipinggir jalan raya. Pilihlah jalur hidup, yaitu dengan arah dua jalur kendaraan.

Dan satu hal yang penting, sobat harus mendapatkan ijin mendirikan usaha ditempat itu, karena itu akan memberikan dampak kelangsungan bisnis sobat untuk jangka panjang nantinya. Jangan sampai baru beberapa bulan sobat menjalankan bisnis tersebut, oleh pemerintah setempat bisnis sobat itu ditutup paksa karena bermasalah dalam hal perijinan usaha.

Peralatan, Sarana dan Prasarana
Persiapan berikutnya adalah yang berkaitan dengan semua peralatan, sarana dan prasarananya seperti kunci-kunci penting untuk bongkar pasang motor, tidak harus lengkap diawal, yang penting bisa untuk menunjang pekerjaan. Untuk lengkapnya nanti bisa sambil jalan. Lalu sarana dan prasarananya meliputi lemari untuk tempat barang, etalase, meja dan kursi, komputer untuk mengatur manajemen bisnis, dan papan nama.

Atur dan tatalah secara rapi semua itu agar sedap dipandang mata. Kerapian dalam menata suasana tempat usaha, itu memiliki nilai plus tersendiri dimata para pengunjung dan konsumen sobat. Dimana ketika mereka berada disana akan merasa nyaman dan betah karenanya.

Memilih Produk
Produk termasuk hal yang sangat penting dalam bisnis ini. Sobat harus berhati-hati dalam memilih produk untuk barang dagangan. Carilah supplier yang benar-benar bisa dipercaya dan bisa diajak kerja sama secara profesional. Hati-hati dengan produk yang kurang berkualitas, yang nantinya akan menjadi sebab kecewanya para pelanggan sobat dengan menggunakan produk tersebut.

Banyak produk inti dari variasi motor yang bisa sobat pilih seperti, velg, jari-jari, lampu utama, dek motor, gear, tromol dan piringan cakram. Dan semua produk-produk ini tentu haruslah berbeda dengan produk pabrikan, karena dalam bisnis ini sobat menawarkan yang berbeda berbentuk variasi dan modifikasi yang memiliki nilai keindahan dalam hal desain kendaraan bermotor.

Merekrut Karyawan
Berikutnya sobat bisa merekrut karyawan untuk membantu sobat dalam menjalankan bisnis variasi motor ini. Akan lebih baik jika sobat sendiri faham dan menguasai dalam bidang ini, sehingga akan memudahkan sobat dalam berinteraksi langsung dengan para pelanggan sobat tersebut. Menyamakan hobby dan ide-ide dalam desain motor, sehingga para pelanggan sobat mendapatkan kepuasan tersendiri dari sisi pelayanan yang sobat berikan.

Pelayanan yang maksimal serta input-input dari pelanggan yang tersalurkan dan terealisasi akan menjadikan bisnis variasi motor sobat akan lebih cepat berkembang. Hal ini termasuk salah satu strategi bisnis tepat sasaran. Jadi jangan heran jika bisnis variasi motor sobat ini nanti menjadi kecintaan dari para pelanggan sobat tersebut. Dengan konsep ini biasanya para pelanggan akan fanatik terhadap sobat.

Pemasaran Bisnis
Yang terakhir adalah pemasaran bisnis. Pemasaran termasuk ujung tombaknya, karena ramai dan tidaknya bisnis sobat tersebut tergantung dari strategi pemasaran yang sobat terapkan dalam menjalankan roda bisnis ini. Dengan pelayanan maksimal dan input dari pelanggan seperti yang kita bahas sebelumnya ini akan menjadi tehnik pemasaran dari mulut kemulut antar pelanggan.

Berikutnya sobat juga bisa melakukan pemasaran secara online, dengan membuat blog khusus untuk bisnis sobat ini. Lalu sebarkan melalui sosial media seperti facebook, twitter, BBM, Whatsapp dan lain-lain. Pemasaran bisnis yang maksimal akan menjadikan bisnis variasi motor sobat akan semakin populer karenanya. Bagaimana sobat, sobat berminat dengan bisnis offline ini? Saya ucapkan "Selamat Berbisnis" semoga sukses selalu, terima kasih dan sampai nanti...

2 komentar:

  1. Mantap Infonya.. (y) Aku juga ada info mantap nih, cek http://www.coversuper.co/

    BalasHapus

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih