Selasa, September 09, 2014
2

Bisnis Offline - Bisnis Waralaba Modal Kecil

Blog Bisnis Online - Bisnis waralaba modal kecil untuk saat ini memang banyak bertebaran di Indonesia, terutama diwilayah provinsi dan dikota-kota besarnya. Jadi tak heran jika bisnis offline ini banyak dilirik oleh para pemain bisnis, khususnya mereka para pemain baru yang menghendaki usaha tanpa harus melakukan trial dan error terlebih dahulu.

Memulai bisnis mulai dari "NOL" memang bukanlah pekerjaan yang gampang, karena hal tersebut tentu membutuhkan kerja keras yang tinggi dan persiapan modal yang tidak sedikit untuk biaya pengembangan bisnis dan lain-lain. Maka dari itulah banyak para pelaku bisnis yang melirik bisnis waralaba atau bisnis franchise sebagai pilihan, karena bisnis ini sudah terbukti dan biasanya memiliki sistem yang solid.

Sistem waralaba menawarkan pola kerjasama kepada para pelaku bisnis untuk menjadi mitra kerjanya. Dengan demikian, maka para pelaku bisnis tidak perlu repot-repot untuk melakukan trial dan error dari segi sistemnya, dan tidak perlu lagi memikirkan masalah produk yang akan dipasarkan kepada para konsumennya. Sehingga semuanya menjadi praktis dan lebih mudah dalam menjalankannya.

Tugas para pelaku bisnis sebagai mitra bisnis itu tinggal mencari lokasi yang strategis untuk membuka usaha dan juga mencari karyawan untuk menjalankannya. Masalah sistem dan produk itu sudah diatur oleh pihak franchisor (pemilik waralaba). Bisnis waralaba itu pada umumnya membutuhkan modal yang lumayan besar, puluhan juta bahkan hingga ratusan juta rupiah. Jenis bisnis waralaba seperti ini biasanya adalah waralaba dari luar negeri.

Buat mereka yang memiliki modal besar, tentu hal ini tidaklah menjadi masalah. Namun bagi mereka para pemodal kecil, tentu hal ini akan menjadi permasalahan yang cukup besar. Solusi terbaik bagi para pemodal kecil adalah bekerja sama dengan waralaba lokal. Karena waralaba lokal itu dari sisi modal relatif terjangkau bagi para pemodal kecil. Banyak sekali branding lokal yang bisa menjadi pilihan bisnis sobat nantinya.

Jika sobat online termasuk salah satu dari para pemodal kecil yang ingin menjalankan bisnis dengan sistem waralaba, maka saya akan berikan tips-tipsnya untuk sukses dalam menjalankan bisnis waralaba ini. Silahkan simak strategi bisnis waralaba dengan modal kecil dalam pemaparan saya berikut ini. Silahkan pahami dengan baik dan benar, semoga hal ini menjadi solusi terbaik untuk sobat online semua.

Memilih Bisnis Waralaba Modal Kecil
Karena permasalahan sobat adalah dari segi modal, maka hal pertama yang terbaik untuk sobat online adalah memilih jenis bisnis waralaba yang terjangkau dengan keuangan sobat untuk saat ini. Banyak pilihan waralaba yang relatif terjangkau dari sisi modalnya seperti, bisnis mie ayam gerobak, bisnis bakso, semua jenis bisnis makanan dan minuman, bisnis salon, bisnis tiket pesawat dan lain-lain.

Semua bisnis waralaba tersebut memiliki prospek yang cukup bagus. Walaupun demikian, yang terpenting adalah sobat harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan sobat untuk memilih jenis bisnis waralaba yang paling tepat. Potensi pasar itu amat sangat menentukan hasil dan eksistensi bisnis waralaba sobat dalam jangka panjang. Karena kalau sobat asal pilih tentu hasilnya tidak akan maksimal, sobat harus selektif dalam hal ini.

Bisnis waralaba modal kecil itu berkisar antara 5 sampai 10 juta rupiah. Jika sobat online memiliki modal tersebut, maka sobat sudah bisa memulai bisnis offline dengan sistem waralaba. Sangat berbeda jika sobat online baru memulai bisnis dan sobat belum mengetahui seluk beluk bisnis tersebut, itu akan menjadikan kesuksesan sobat lebih lama dalam berbisnis. Dan dibisnis waralaba sobat tinggal terima jadi, tinggal siapkan modal, pilih lokasi dan ambil karyawan, beres sudah.

Memilih Bisnis Waralaba Populer
Walaupun sobat termasuk pemodal kecil, namun dalam bisnis waralaba sobat harus tetap selektif. Namanya juga bisnis, tentu sobat harus memiliki manajemen resiko yang bagus untuk mengantisipasi segala sesuatunya. Salah satu bentuk antisipasinya adalah dengan cara cermat dalam memilih jenis bisnis waralaba. Saran saya pilihlah bisnis waralaba yang sudah populer dan telah eksis minimal 2 sampai 5 tahun.

Jika sobat online benar-benar hendak serius dalam menekuni bisnis waralaba ini, ada baiknya sobat online mencari informasi terlebih dahulu seputar bisnis waralaba yang telah populer tersebut dengan data-data yang akurat sebagai bahan pertimbangan dalam manajemen resiko. Jangan sampai dengan banyaknya informasi tentang bisnis waralaba diluaran sana, malah menjadikan sobat online bingung dalam menentukan pilihan.

Fokuslah dengan hasil survey dan data yang telah sobat dapatkan. Hal ini akan lebih memantabkan sobat dalam menekuni bisnis waralaba. Karena informasi bisnis tersebut bukan lagi katanya, akan tetapi telah sobat survey dengan data-data otentik serta dengan pertimbangan yang telah matang. Memilih bisnis waralaba secara asal saja itu akan berakibat fatal kelak dikemudian hari. Ingatlah, sobat berbisnis bukan untuk 1 tahun saja, tapi untuk selamanya.

Kunci Sukses Dalam Bisnis Waralaba
Dibisnis waralaba modal kecil itu kunci sukses utamanya hanya ada 2 hal saja yang perlu sobat fahami dengan baik dan benar. Yang pertama adalah memilih produk atau branding waralaba yang telah populer dan keduanya adalah memilih lokasi usaha yang strategis sesuai dengan lingkungan. Dua hal itulah yang memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis waralaba modal kecil nantinya. Adapun yang lain-lain itu hanya bersifat melengkapi saja.

Kenapa hanya 2 hal saja, apa alasannya? Yang pertama, mengapa harus memilih bisnis waralaba yang telah populer? Alasannya adalah, untuk bisnis waralaba yang telah populer itu besar pengaruhnya terhadap para konsumen. Karena brand yang sudah dikenal oleh para konsumen itu tetap akan lebih disukai dan menjadi pilihan para konsumen daripada branding yang belum mereka kenal. Inilah alasan mendasar mengapa sobat online harus memilih bisnis waralaba yang telah populer.

Yang kedua, mengapa lokasi strategis juga memiliki pengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis waralaba modal kecil? Alasannya adalah, karena lokasi strategis akan memudahkan jangkauan para konsumen yang pada akhirnya akan mendatangkan penjualan dengan intensitas yang cukup tinggi. Bisa sobat bayangkan seandainya sobat online salah dalam memilih lokasi bisnis, sudah barang tentu tingkat penjualan akan menjadi tidak maksimal, karena lokasi bisnis yang susah dijangkau oleh para konsumen.

Walaupun demikian, sobat juga harus faham bahwa disetiap bisnis itu semuanya mengandung resiko, karena tidak ada satupun bisnis yang tidak beresiko. Cerdaslah dalam berbisnis, buat manajemen resiko sampai tahap yang paling terkecil, dan yang terpenting sobat online tetap optimis dalam berbisnis, jangan pernah menyerah, apalagi sampai putus asa, bangun terus keyakinan dengan sikap yang selalu positif, jangan pernah berhenti, Insya Allah sukses dengan bisnis waralaba modal kecil itu bukanlah hal yang mustahil. Baik sobat online, saya ucapkan selamat berbisnis, sampai nanti dan salam sukses.

2 komentar:

  1. Terima kasih artikelnya. Sangat bermanfaat.
    salam kenal dari waralaba murah pasti untung
    tahuqkripsy.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga sob, terima kasih sudah berkenan mampir, sukses selalu dengan bisnisnya ya sob...

      Hapus

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih