Minggu, Desember 01, 2013
0

Cerita Inspiratif - Kisah Sukses Bob Sadino

Blog Bisnis Online - Bob Sadino adalah seorang pria kelahiran Lampung 09 Maret 1939 dengan panggilan akrab "Om Bob" yang merupakan seorang pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang pangan dan peternakan yang bernama Kemfood dan Kemchick.

Bob adalah seorang pribadi yang sederhana, di setiap kesempatan sering kali ia menggunakan baju lengan pendek dan celana pendek sebagai ciri khasnya. Begitu uniknya kepribadian Bob Sadino ini sehingga menjadikan orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya pun bingung di buatnya.

Kisah sukses Bob sadino ini berawal dari idenya yang cukup sederhana, karena dalam kehidupannya ia suka menyederhanakan prinsip hidup, bahkan saking sederhananya seringkali ia di anggap sebagai seorang pengusaha yang unik (baca: nyeleneh). Beberapa kiat-kiat suksesnya yang terbilang nyeleneh adalah,

Kiat Sukses Satu
"Siapa bilang Orang Goblok tidak bisa Sukses? Kata Bob Sadino, Semakin goblok seseorang, maka akan banyak ilmu yang diperolehnya. Saya menggoblokkan diri saya terlebih dahulu sebelum menggoblokkan orang lain."

Kiat Sukses Dua
"Orang pintar biasanya paling banyak harapannya. Bahkan maunya berhasil dalam waktu singkat. Padahal kita tahu semua itu Impossible! 0rang goblok harapannya hanya satu, hari ini bisa makan!"

Kiat Sukses Tiga
"Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan terlalu banyak sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sementara orang goblok mungkin hanya punya satu ide, dan satu ide itulah yang menjadi pilihan usahanya."

Kiat Sukses Empat
"Orang goblok biasanya lebih berani dibanding orang pintar. Kenapa demikian? Karena orang goblok sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya orang pintar terlalu banyak pertimbangan sehingga tidak pernah melangkah."

Kiat Sukses Lima
"Orang bodoh sulit mendapat pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bos nya orang pintar."

Kiat Sukses Enam
"Orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan. Orang bodoh berjuang keras secepatnya mendapatkan uang, agar bisa membayar pelamar kerja."

Kiat Sukses Tujuh
"Ilmu memang berserakan dimana-mana diseluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga."

Kiat Sukses Delapan
"Sekolah terbaik adalah sekolah kehidupan, sekolah jalanan, sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya untuk mengeksplorasi dengan leluasa seluruh potensi yang ada padanya."

Kiat Sukses Sembilan
"Setiap bertemu dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu."

Kiat Sukses Sepuluh
"Anda berpikir seribu mil, wah pasti terasa jauh. Sedangkan saya tidak pernah berpikir karena hanya melakukan selangkah saja. Ngapain pakai mikir kan hanya selangkah."

Inilah 10 ungkapan terpopuler atau kiat sukses seorang Bob Sadino. Mari kita lanjutkan lagi kisahnya... Bob Sadino adalah putra bungsu dari lima bersaudara yang lahir dari sebuah keluarga yang berkecukupan.

Pada saat usianya mencapai 19 tahun dan bertepatan dengan meninggalnya orang tua Bob, maka Bob mewarisi seluruh harta kekayaan dari orang tuanya tersebut, karena ke empat saudaranya yang lain sudah pada mapan di kehidupannya.

Dengan sebagian harta tersebut Bob melakukan perjalanan keliling dunia dan menetap di Belanda selama 9 tahun. Di Belanda inilah Bob Sadino menemukan pasangan hidup yang bernama Soelami Soejoed dan bekerja di Djakarta Lylod, Amsterdam. Dalam salah satu kisahnya, Bob juga pernah bekerja di Hamburg, Jerman.

Bob dan keluarga kembali ke Indonesia pada tahun 1967 dengan memboyong kedua mobil mercedes buatan tahun 1960 kesayangannya. Satu dari mobil tersebut dia jual untuk membeli sebidang tanah di daerah Kemang - Jakarta Selatan, adapun satu mobil yang lainnya di simpan untuk aset pribadinya.

Beriring dengan berjalannya waktu, maka Bob sadino memutuskan untuk keluar dari profesinya sebagai seorang karyawan. Bob memilih jalan hidup untuk bekerja secara mandiri. Dalam kemandiriannya bekerja, di awal Bob menyewakan mobil mercedes pribadinya dan dia sendirilah yang menjadi sopirnya.

Suatu ketika Bob mengalami kecelakaan dan mobilnya rusak parah, karena tak ada uang untuk memperbaiki mobilnya, maka Bob memutuskan untuk bekerja sebagai seorang kuli bangunan.

Dalam kesedihan Bob, ada seorang teman yang menawarinya untuk berbisnis telor dan ayam negeri. Karena tak ada pilihan lain, maka Bob menerima tawaran tersebut. Perlu sobat ketahui, pada saat itu ayam dan telor negeri itu tidak sepopuler sekarang.

Pasar dari bisnis ini terbilang masih sepi dan kurang menarik minat orang di pasar Indonesia. Akan tetapi, berkat keuletan dari seorang Bob Sadino, maka seiring dengan berjalannya waktu, ayam dan telor negeri mulai di terima di pasaran, bahkan menjadi populer seperti sekarang ini. Bob-lah orang pertama sebagai pencetus dan penggagas dari populernya usaha tersebut.

Selanjutnya Bob mulai mengembangkan usahanya dengan berjualan daging ayam, bahkan mengembangkan usahanya di bidang sayu-mayur hidroponik yang pertama di Indonesia. Sejarah mencatat, rata-rata setiap bulan perusahaan Bob berhasil menjual 40 sampai 50 ton daging segar, 60 sampai 70 ton daging olahan dan sayuran segar sebanyak 100 ton, sungguh prestasi seorang pengusaha yang patut mendapatkan acungan 4 jempol.

Demikianlah kisah sukses Bob Sadino, semoga menginspirai kita untuk tumbuh menjadi seorang pengusaha yang sukses dengan mengikuti jejaknya, terima kasih dan salam sukses untuk sobatku semua.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih