Sabtu, November 30, 2013
0
 
Motivasi Sukses - Motivasi Hidup
 
Blog Bisnis Online - Sobat online yang tercinta, gimana kabar nih? Lama nian kita tak bersua ya, maklumlah, admin blog ini termasuk blogger pemalas, jadi kalau udah kumat malesnya, bisa berbulan-bulan blog ini di tinggalkan begitu saja, kalau pas lagi rajiiiin ya begitulah.. Tapi rasa-rasanya masih banyak malesnya ya, hehehe..

Yang begini jangan di contoh lho sob, nggak bagus ya, ambil yang bagus-bagus aja yah.. Curhat bentar nggak papa kan sob? Baik, kita langsung ke inti postingan artikel spesial motivasi hidup ala denmaslawe ya sob, wah gaya banget ya saya, hehehe..

padahal mah masalah motivasi hidup harusnya saya banyak belajar kepada sobat online semua, saya yakin sobat-sobat online-ku ini mantab-mantab kali motivasi hidupnya. Tapi tak apalah, itung-itung berbagi dan buat nyenengin hati saya karena udah lama tak posting artikel dalam blog bisnis online ini.

Biarlah ini menjadi postingan di akhir tahun 2013 ya sob, hehehe... Malah ngelantur kemana-mana, stop intermesonya, mari kita lanjutkan sesuai dengan topik kita sob, ya'ni berkaitan dengan motivasi hidup.

Bersikap Positif Dalam Berproses
Dalam proses kehidupan, itu ada kalanya manis dan ada kalanya pahit. Lantas bagaimana sikap kita jika menghadapi proses kehidupan yang manis dan bagaimana pula ketika kita menghadapi proses yang pahit? Jawabannya adalah kita harus selalu bersikap positif di setiap keadaan ketika berproses dalam kehidupan ini, baik yang manis maupun yang pahit, bahkan yang sedang sekalipun.

Orang positif itu tak ada matinya sob, kalau dah mati ya pasti di kubur, hehehe... Betul, ini serius sob, kita harus selalu positif thingking di setiap keadaan kita, jika kita menghendaki kemenangan sebagai ending daripada kehidupan kita di dunia ini. Orang positif, mau di negatipin pun akan tetap positif sob, orang positif akan selalu mudah melakukan evaluasi diri dan berkembang, karena ia selalu berpikir secara internal.

Di setiap kesalahan yang ia lakukan dalam kehidupan ini, dia tidak akan pernah mencari-cari alasan supaya lolos dari kesalahan tersebut. Akan tetapi dia akan banyak belajar dari kesalahan itu dan berani bertanggung jawab, bukan malah menyalahkan orang lain. Wal-hasil, dengan sikap positifnya ini, ia akan memiliki banyak skill yang tidak banyak di miliki orang lain, Insya Allah..

Kegagalan Dalam Kehidupan
Sebetulnya, dalam kehidupan ini tidak ada yang namanya kegagalan. Karena sesungguhnya, kegagalan itu adalah sukses yang sifatnya tertunda saja, demikian sirat dari pepatah klasik yang pernah saya dengar, saya kaji dan saya pahami. Fithrah manusia adalah sukses, bukan gagal.

Jika ada manusia yang merasa gagal dalam kehidupannya, sesungguhnya itu bukanlah gagal beneran, akan tetapi terjerat dan terjerumus kedalam jurang keputus asa-an. Penyakit putus asa itu benar-benar virus yang mematikan sobat, maka hindarilah dan jangan pernah berputus asa dalam kehidupan ini.

Selalu milikilah harapan-harapan yang senantiasa fresh dari waktu ke waktu. Harapan adalah benteng yang kokoh, yang tidak bisa di tembus oleh keputus asa-an. Kegagalan sebetulnya itu adalah sebuah kalimat yang terlalu di dramatisir aja. Kalau saya lebih suka mengganti kalimat "Kegagalan" dengan kalimat "Belum Berhasil" bukan gagal.

Beda lho sob, antara gagal dan belum berhasil itu. Secara mindset, orang yang merasa dirinya telah gagal, berarti dia telah kalah duluan sebelum berperang, dan ia tidak akan pernah happy dalam kehidupannya. Nah, berbeda jika kita katakan belum berhasil, karena dalam kalimat tersebut ada pesan harapan yang begitu kuat bahwa suatu saat akan berhasil, inilah pembedanya.

Kunci Untuk Mendapatkan Solusi Kehidupan
Kunci solusi kehidupan itu ada 5 menurut saya sobat. Yang pertama adalah ikhtiar, keduanya tawakkal, ketiga Ikhlash, ke empat sabar dan yang kelima adalah syukur. Marilah kita urai satu persatu sob.

Ikhtiar Atau Berusaha Secara Maksimal
Yang pertama adalah ikhtiar yang artinya adalah berusaha. Berusaha di sini bukan semampu kita, akan tetapi semaksimal mungkin. Jika semampunya, itu sebetulnya ia tidak sungguh-sungguh dalam berusaha, akan tetapi sekenanya saja. Berbeda jika selalu memaksimalkan. Maksimal itu artinya ialah lebih baik dan lebih baik lagi, seterusnya demikian.

Tawakkal Atau Berserah Diri Kepada Allah SWT
Keduanya adalah tawakkal, yang artinya adalah berserah diri kepada Allah setelah berusaha keras secara maksimal, bukan tanpa usaha sebelumnya. Jika tanpa usaha sebelumnya, maka ini namanya bukan tawakkal, akan tetapi bunuh diri. Bawa tawakkal ini di setiap do'a-do'a sobat, sampaikan kepada Allah bahwa sobat telah berusaha maksimal dalam kehidupan ini, maka serahkan semua hasilnya kepada Allah. Karena sesungguhnya manusia hanyalah bisa berencana, akan tetapi Allah-lah yang berhak menentukan secara mutlaq.

Ikhlash Akan Hasil Yang Diperoleh
Ketiganya adalah ikhlas, yang artinya semua hasil dari usaha maksimal dan penyerahan diri kita kepada Allah itu membentuk sebuah pondasi yang selalu bersandar kepada Allah semata. Atau dengan kata lain, redho akan keputusan Allah, walau dengan keputusan yang paling pahit sekalipun. Sebetulnya sih bukan pahit sob, namun kebanyakan manusia ini kan menghukuminya demikian. Padahal yang sesungguhnya itu adalah manis pada saat mereka telah memahami hikmah besar di balik yang katanya pahit-pahit tersebut. Itulah makna ikhlas.

Bersabar Terhadap Prosesnya
Keempatnya adalah sabar. Saya rasa sobat sudah bisa memaknainya sendiri yang di maksud dengan sabar ini. Sabar ini adalah kombinasi dari ketiga rangkaian sebelumnya, yaitu berpadunya antara ikhtiar, tawakkal dan ikhlas.

Jika berkurang satu dari yang tersebut itu bukanlah masuk dalam kategori sabar. Bahkan banyak orang yang salah dalam mentafshiri kalimat sabar ini, katanya sabar itu ada batasnya. Yang demikian itu sebetulnya ia belumlah bisa bersabar dan sesungguhnya hanya sampai sebatas itulah ia mampu bersabar, selebihnya ia harus belajar lagi tentang makna sebuah kesabaran secara haqiqi.

Bersyukur Kepada Allah SWT
Yang kelima adalah syukur atau dengan kata lain bersyukur kepada Allah atas segala proses hidup yang di berikan kepada kita. Jika sudah sampai di tahap yang kelima ini, sobat akan rasakan betapa indah dan bahagianya ketika berproses dalam kehidupan ini.

Walau seolah-olah terlihat pahit, bahkan super pahit menurut orang lain, akan tetapi menurut sobat adalah manis luar biasa disaat pahit, bahkan semakin pahit prosesnya, maka akan semakin manis pula rasanya.

Itulah proses hidup yang sesungguhnya menurut versi saya secara pribadi berdasarkan pengalaman sekelumit saya dalam kehidupan ini. Dan semua orang tidaklah sama dalam pola pandang terhadap proses kehidupan, silahkan sobat berpola pandang tentang motivasi hidup yang kita bahas kali ini.

Saya pribadi merasa masih hijau dan masih harus belajar banyak tentang kehidupan ini kepada sobat-sobat mastah tentunya. Ini hanyalah sekedar curhat dan sharing pola pandang saya secara pribadi.

Bagaimana dengan sobat? Jika sobat memiliki pandangan lain seputar motivasi hidup, silahkan berbagi melalui kolom komentar di bawah, Insya Allah manfaat dari apa yang sobat sampaikan akan menjadi amal shalih untuk sobat, ya'ni ketika orang lain mengambil manfaat dari apa yang sobat telah sampaikan tadi. Terima kasih, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk sobat.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih