Senin, Desember 06, 2010
0
 
Tips Sukses - 5 Tips Sederhana Untuk Memulai Bisnis
 
Blog Bisnis Online - Bagaimana cara memulai bisnis online dengan cara yang paling sederhana, sehingga semua orang bisa menjalankan? Sering saya menangkap pertanyaan-pertanyaan yang seperti ini dari para sahabat, apakah pertanyaan ini mewakili pertanyaan sobat online? Baik, kita akan bahas bagaiamana langkah-langkah sederhananya dalam memulai sebuah bisnis.

Kabar baiknya saya memiliki 5 tips sederhana yang bisa sobat gunakan sebagai modal awal untuk menjalankan sebuah bisnis. Bisnis apa saja, mau bisnis online ataupun bisnis offline semuanya bisa menggunakan tips ini. Silahkan sobat perhatikan baik-baik dan silahkan fahami dengan baik dan benar kelima tips yang akan saya sampaikan berikut ini.

Memiliki Niat Berbisnis
Tips yang pertama adalah memiliki niat untuk berbisnis. Karena sebuah bisnis itu dibangun dengan sebuah keseriusan untuk mencapai kesuksesan, maka niat adalah menduduki peringkat yang pertama dalam membuat sebuah pondasi bisnis. Jika niat sudah berada dalam genggaman, maka pondasi-pondasi yang lain akan lebih ringan tentunya.

Bulatkan niat untuk fokus, komitmen dengan keseriusan untuk membangun bisnis. Ini penting, karena tanpa niat yang bulat, tekad yang serius, maka sangat mustahil sobat bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis. Maka memiliki niat yang benar-benar dan sungguh-sungguh adalah sebuah persyaratan mutlak yang tidak bisa sobat tawar lagi.

Menentukan Ide Bisnis
Tips yang keduanya adalah menentukan ide bisnis. Ketika sobat hendak memulai sebuah bisnis tentu terlebih dahulu sobat harus menentukan topik bisnis yang tepat dan terarah. Topik bisnis tidak bisa asal sobat tentukan saja tanpa pemikiran yang masak-masak. Karena bisnis sobat bukan hanya untuk hari ini saja, akan tetapi untuk selamanya.

Saran saya, carilah topik bisnis yang sesuai dengan hobby sobat, misalkan sobat hobby bola nih, sobat bisa mencari topik bisnis yang berkaitan dengan bola. Bisa kaos bola, sepatu bola dan lain-lain, pokoknya yang berkaitan dengan bola sesuai hobby sobat tadi. Hal ini tidak akan menjadikan kejenuhan buat sobat dikarenakan bisnis ini merupakan hobby sobat. Dan sobat akan enjoy karenanya.

Segera Action
Tips yang ketiganya adalah segeralah melakukan action. Sebagus apapun ide bisnis sobat, tanpa sobat actionkan, maka tak akan pernah sampai kemana-mana juga. Jika sobat sudah yakin, maka lakukan action dengan segera, selangkah demi selangkah yang penting pasti melangkah dan terus melangkah. Dengan begitu, potensi untuk sobat bisa mencapai tujuan itu bisa terukur karenanya.

Action itu terlihat sederhana dalam bentuk kalimahnya, namun memiliki arti dan hasil yang sangat luar biasa sekali. Pokoknya action, action dan action deh, sobat akan lihat sendiri hasilnya nanti. Bermula dari kalimah yang sederhana ini, jangan kaget jika nantinya sobat menjadi seorang pebisnis besar yang sukses.

Jangan Pernah Berhenti
Tips yang keempatnya adalah jangan pernah berhenti walaupun dalam kondisi yang paling buruk atau paling pahit sekalipun. Untuk mencapai sukses itu tidak ada yang mudah, semuanya butuh perjuangan dan pengorbanan, sobat harus mampu bertahan dan jangan pernah berfikir untuk berhenti.

Berfikir untuk berhenti saja tidak boleh, apalagi sobat berhenti beneran. Karena dengan berhenti, maka tamatlah riwayat bisnis sobat dari peredaran bisnis. Percayalah, asal sobat tidak pernah berhenti atau dalam kata lain pantang menyerah, maka pada akhirnya sobat akan mampu melewati masa-masa sulit dalam berbisnis.

Fokus Solusi Bukan Masalahnya
Tips yang kelima atau yang terakhir adalah fokus solusi bukan masalahnya. Selama sobat fokus dengan masalah, maka masalah tersebut akan selalu menjadi jerat hebat yang akan terus melibat sobat sehingga sobat benar-benar masuk dalam jeratnya dan tidak akan pernah mampu keluar dari jeratan masalah tersebut.

Solusinya adalah fokuslah terus dengan solusi. Sadarlah, bahwa dikehidupan ini tidak ada yang tidak bermasalah, semuanya pasti bermasalah, termasuk bisnis. Karena masalah itu hadir untuk sebuah manfaat dan kemashlahatan bagi mereka yang fokus dengan solusi.

Inilah 5 tips sederhana untuk memulai bisnis dengan cara yang baik dan benar menurut saya. Sobat bisa praktekkan dan buktikan sendiri hasilnya. Jika sekiranya masih ada yang sobat kurang faham dari apa yang saya sampaikan dalam artikel bisnis ini, sobat bisa bertanya kepada sanya melalui kolom komentar yang telah tersedia, selamat berbisnis.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih