Selasa, November 23, 2010
0
 
Bisnis Online - Bisnis Internet
 
Blog Bisnis Online - Bisnis internet adalah sebuah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan media internet. Bisnis internet itu juga biasa disebut dengan bisnis online. Inilah garis besar definisi dari bisnis internet yang paling mudah untuk difaham secara publik menurut saya.

Basis Terbesar Bisnis Internet
Berdasarkan hasil survey dan beberapa riset yang saya lakukan, ternyata bisnis internet itu menduduki peringkat pertama di Indonesia. Sobat mau bukti? Silahkan sobat pergi kegoogle dan masukkan keyword "Bisnis Internet" atau "Bisnis Online" atau "Internet Marketing", maka sobat akan melihat begitu banyak peminatnya di Indonesia ini.

Maka jika sobat termasuk warga negara Indonesia dan ternyata belum ikut andil dalam bisnis ini, itu sangatlah merugi. Potensi bisnis internet di Indonesia begitu besar, namun jika sobat masih saja menjadi penonton, ini sungguh-sungguh "TERLALU" kata  Raja Dangdut kita, hehehe...

Model Bisnis Internet
Banyak sekali model bisnis internet, namun disini akan saya jelaskan secara garis besar alur dari bisnis internet itu sendiri, biar topik tidak terlalu melebar kemana-mana, maka semua pembahasan kali ini akan saya fokuskan pada intisarinya saja biar sobat pemula lebih enak untuk memahaminya.

Bisnis internet itu tidak jauh dari kedua unsur utamanya, yang pertama adalah bisnis internet yang berorientasi pada penjualan produk dan yang keduanya adalah yang berorientasi pada penjualan jasa. Mau muter kemana-mana maka rumusnya adalah kedua hal penting ini. Jika sobat tidak percaya, silahkan sobat lakukan survey dan riset sendiri sebagai bahan pembuktian.

Orientasi Produk Internet
Bisnis internet yang berorientasi pada penjualan produk itu terbagi menjadi 2 kelompok penting. Kelompok yang pertama bernama produk tangible atau produk fisik, seperti baju, celana, jam tangan dan lain-lain ini berbentuk fisik.

Adapun kelompok yang kedua adalah produk intangable atau produk non fisik atau biasa disebut juga dengan produk digital, seperti software, e-book dan lain-lain, ini berbentuk non fisik. Produk jenis ini cara mendapatkannya adalah dengan cara didownload.

Memasarkan Produk Sendiri
Jika sobat memiliki produk sendiri, maka otomatis sobat akan mendapatkan keuntungan 100 persen dari penjualan produk tersebut. Ini adalah nilai lebih buat sobat ketika sobat sudah memiliki produk sendiri dalam menjalankan bisnis internet.

Semua sistem pemasaran bisa sobat atur sendiri tanpa melibatkan pihak lain, yaitu pemilik produknya, karena sobatlah pemilik produk tersebut. Sangat berbeda bilamana produk tersebut adalah produk dari pihak lain, tentu keuntungan tidak bisa mencapai 100 persen.

Memasarkan Produk Orang Lain
Berikutnya adalah memasarkan produk orang lain. Tentu sobat tidak bisa mendapatkan keuntungan 100 persen seperti diatas, yaitu ketika sobat memasarkan produk sendiri. Namun disini ada potensi komisi yang tidak terbatas, yang bisa sobat dapatkan dari sistem pemasaran ini.

Pendapatan dengan cara memasarkan produk orang lain ini semua tergantung seberapa mahir sobat dalam menjual, karena komisi diberikan kepada sobat berdasarkan dari hasil penjualan. Dan komisi yang diberikanpun cukup variatif tergantung sistem bagi hasilnya, bisa 30 persen, 40 persen, 50 persen, 60 persen, 75 persen dan bahkan sampai 90 persen.

Orientasi Jasa Pelayanan
Bisnis internet yang kedua ini adalah berorientasi pada penjualan jasa pelayanan. Ini semua tergantung dari keahlian dari pebisnisnya. Jika sobat mahir dalam tehnik SEO (Search Engine Optimization), maka sobat berkesempatan untuk menjual jasa sobat tersebut kepada para pemilik website atau jasa untuk mendapatkan peringkat pertama dan trafik dari search engine.

Begitupun halnya jika sobat mahir dalam pembuatan blog atau website, maka kemampuan sobat ini akan menjadi nilai jual tersendiri dalam bidang penjualan jasa pelayanan. Atau mungkin sobat ahli dalam berbagai bahasa, misalkan seperti bahasa Inggris, Mandarin, Jepang dan lain-lain, inipun juga bisa menjadi nilai jual dibisnis internet dalam kategori jasa pelayanan.

Demikian ulasan singkat seputar bisnis internet yang bisa saya persembahkan kepada sobat online semua, semoga artikel bisnis ini mampu memberikan kontribusi kepada sobat online dalam memahami bisnis internet, salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih