Kamis, April 01, 2010
0
 
Belajar Bisnis - 4 Konsep Strategi Bisnis
 
Blog Bisnis Online - Banyak jalan menuju Roma, demikianlah istilah yang paling tepat untuk sebuah strategi bisnis, apalagi bisnis itu banyak lka-likunya. Berbisnis itu gampang-gampang susah, makanya perlu strategi khusus untuk menjalankannya demi untuk meminimilkan resiko kegagalan yang ada.

Strategi bisnis adalah suatu cara cerdas untuk sobat meraih kesuksesan dalam berbisnis. Biasanya, dalam berbisnis itu sobat nantinya akan mendapatkan tantangan dan masalah-masalah yang akan menguji keseriusan sobat dalam berbisnis. Itu sudah lumrah, karena masalah-masalah inilah yang nantinya akan menjadikan sobat menjadi ahli karenanya.

Saya memiliki 4 strategi bisnis yang merupakan konsep dasar untuk membangun potensi sobat secara internal. Faktor internal adalah faktor dasar yang harus sobat miliki sebagai modal awal sobat untuk terjun dalam dunia bisnis.

Dengan strategi bisnis ini, sobat akan mampu menggali potensi sobat secara maksimal dan mampu mengalahkan faktor-faktor yang bersifat eskternal, yang nantinya akan selalu menghadang disepanjang perjalanan sobat dalam berbisnis. Baik, berikut ini saya akan sampaikan 4 konsep strategi bisnis tersebut.

Sikap Positif
Yang pertama konsep dasar dari strategi bisnis adalah sikap positif. Sikap positif ini harus dimiliki oleh semua pebisnis yang ingin meraih kesuksesan. Jika sikap positifnya tidak ada, maka ketika masalah-masalah muncul ditengah-tengah perjalanan bisnis, inilah yang berbahaya, biasanya mereka yang tidak memiliki sikap positif akan mudah menyerah, menjadi negatif, dan berhenti karenanya, dan akhirnya gagal.

Milikilah sikap positif ini, agar sobat mampu melihat dan belajar dari setiap masalah yang ada, mampu merubah yang negatif menjadi positif, dan merubah yang positif menjadi amunisi yang luar biasa dahsyat untuk mendongkrak talenta sobat.

Fokus dan Komitmen
Berikutnya yang harus sobat lakukan adalah fokus dibisnis yang sobat tekuni saat ini. Fokus adalah kunci pertama untuk menjadikan sobat sukses didalam menjalankan bisnis. Dengan fokus, konsentrasi sobat tidak akan terpecah belah untuk hal-hal lain yang kurang bermanfaat, seperti browsing-browsing yang nggak jelas dan lain-lain.

Sebagai seorang pebisnis sobat harus memiliki komitmen yang tinggi. Jika tidak, maka sobat harus siap-siap untuk mengulang lagi dan mengulang lagi, artinya siap-siaplah sobat untuk mengalami kegagalan.

Komitmen ini sangat penting, misalkan hari ini sobat memiliki target untuk membuat konten blog, maka hal ini sudah tidak bisa ditawar lagi, konten blog harus jadi dan terposting hari ini juga sesuai dengan jadwal yang telah sobat tentukan, inilah bentuk sebuah komitmen.

Konsisten dan Persisten
Konsisten ini besar pengaruhnya untuk menentukan kemenangan sobat dalam berbisnis. Ibarat sobat memukul batu yang sangat keras dengan menggunakan palu, itu adalah suatu pekerjaan yang tidak ringan, butuh konsisten.

Dan ketika sobat mau menggunakan kekuatan konsisten, artinya dengan sabar sobat terus memukul batu tersebut, satu kali tidak pecah, dua kali, tiga kali, empat kali, sampai pada pukulan yang keseratus akhirnya pecahlah batu itu.

Demikian pula halnya dengan berbisnis, mungkin pertama kali sobat menekuni bisnis akan mengalami banyak kegagalan dan ternyata setelah sampai pada langkah yang keseratus barulah sobat bisa sukses, maka hal ini tidak akan pernah terjadi jika sobat tidak memiliki kekuatan konsisten, yang ada sobat akan menyerah pada langkah yang ke 30 atau ke 52.

Namun dengan kekuatan konsisten akan menjadikan sobat terus melangkah, melangkah dan melangkah lagi, sampai pada akhirnya sobat sampai pada langkah yang ke 100 dan akhirnya sukses. Inilah hebatnya kekuatan konsisten.

Selanjutnya adalah persisten. Persisten adalah bertahan, walau dalam kondisi yang paling krusial sekalipun. Kekuatan persisten harus sobat miliki untuk tetap mampu bertahan dalam gelanggang bisnis walau dalam kondisi apapun, dalam kondisi yang paling terburuk sekalipun.

Kekuatan Do'a
Do'a adalah kekuatan yang luar biasa yang melibatkan kekuatan Tuhan. Maka dengan do'a ini akan senantiasa mengafirmasi sobat untuk selalu "Up" terus dalam menjalankan bisnis. Dengan do'a yang terus sobat panjatkan kepada Tuhan akan menjadikan besar nilai kemungkinannya sobat untuk sukses dalam berbisnis.

Insya Allah kedepan 4 konsep strategi bisnis ini akan saya ulas satu persatu secara detail, hari ini cukuplah saya kenalkan terlebih dahulu kekuatan-kekuatan yang terkandung dalam konsep bisnis yang bersifat membangun potensi maksimal dalam diri sobat, sehinggal hal-hal inilah yang kelak bisa menjadi alat sobat untuk dapat meraih kesuksesan, sampai nanti dan salam sukses selalu.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih