Sabtu, Desember 06, 2014
0

Belajar Bisnis - Cara Mengembangkan Bisnis

Blog Bisnis Online - Ketika seseorang telah memiliki bisnis, maka hal berikutnya yang harus ia lakukan apa sobat? Betul sekali, berikutnya adalah melakukan pengembangan bisnis. Bagaimana cara mengembangkan bisnis yang baik dan benar? Dalam artikel bisnis ini kita akan membahasnya, silahkan sobat online simak baik-baik sharing dari saya seputar cara mengembangkan bisnis.

Setiap pebisnis pasti menginginkan bisnisnya tumbuh menjadi bisnis yang besar, betul sobat? Tidak ada dari satupun pebisnis didunia ini yang menginginkan bisnisnya jalan ditempat saja atau cenderung mengalami kebangkrutan. Kalau ada, berarti pebisnisnya bermasalah dan perlu dibawa ke psikiater biar sembuh dari sakitnya, hehehe...

Meningkatkan Omset Penjualan
Pada umumnya, untuk mengembangkan bisnis yang kebanyakan orang lakukan adalah dengan cara meningkatkan omset penjualannya. Jika bulan lalu katakanlah omsetnya mencapai 500 penjualan, maka bulan depan ditargetkan untuk bisa mencapai 1.000 penjualan, atau bahkan lebih. Dampak dari peningkatan omset itu sudah pasti akan berdampak pula pada besarnya penghasilan yang akan diperolehnya.

Untuk meningkatkan omset penjualan dalam bisnis, apa yang harus sobat lakukan? Banyak caranya, beberapa diantaranya adalah dengan cara meningkatkan intensitas dalam melakukan promosi, mengadakan event organizer seperti acara seminar bisnis, menambah kuantitas stok produk yang lebih banyak dan beragam, meningkatkan mutu dan pelayanan, dan hal-hal yang senada dengan kegiatan-kegiatan tersebut.

Memanfaatkan Celah Bisnis
Berikutnya, dalam melakukan pengembangan bisnis, sobat juga bisa memanfaatkan celah bisnis yang ada. Maksudnya bagaimana? Jadi begini, katakanlah saat ini sobat sedang menjalankan bisnis otomotif, bengkel motor misalkan. Nah, sobat lihat disekitar situ belum ada yang membuka warung rokok dan minuman, maka disamping sobat membuka bengkel motor disitu, sobat juga bisa membuka warung rokok dan minuman.

Itu sudah jelas prospektif sekali sobat, karena para pelanggan bengkel sobat tidak hanya bengong menunggu motornya selesai diservis, akan tetapi juga bisa bersantai ria dengan jajanan, rokok dan minuman yang telah sobat siapkan diwarung sobat tersebut. Hal-hal semacam inilah yang saya maksud dengan memanfaatkan celah bisnis yang lain. Selanjutnya, sobat bisa kembangkan sendiri sesuai dengan bisnis yang sobat tekuni saat ini.

Menambah Bisnis Baru
Bisnis yang baru itu banyak ragamnya. Seperti contoh diatas, ketika sobat sudah memiliki bisnis bengkel motor dan disebelahnya ternyata sudah ada penjual rokok dan minumannya. Kebetulan sekali warung rokok dan minuman tersebut kok hendak dijual oleh pemiliknya. Nah, disini sobat bisa mengambil alih kepemilikan warung itu dengan membelinya sebagai bentuk pengembangan dalam bisnis sobat yang baru.

Atau bisa juga sobat membuka cucian motor disebelah bengkel sobat tersebut. Ini juga merupakan penambahan bisnis baru yang akan menjadikan bisnis sobat semakin berkembang. Tentunya sobat juga harus menghitung berapa banyak modal yang harus sobat keluarkan untuk bisnis baru sobat ini, berapa banyak karyawan yang sobat butuhkan dan semua persiapan-persiapan untuk membuka bisnis yang baru itu.

Mengembangkan bisnis yang masih baru tentu sobat akan menjelajah pasar yang baru dan semua jenis tantangan-tantangan bisnis yang baru pula. Untuk itu sobat perlu persiapan mental dan modal yang serba ganda. Namun jika dirasa sudah cukup dan siap semuanya, maka segera jalankan pengembangan bisnis sobat tersebut, tidak usah menunggu sampai semuanya benar-benar sempurna, sobat bisa bebenah sambil jalan.

Saya rasa cukup segini dulu yang bisa saya sampaikan kepada sobat online semua dalam hal cara mengembangkan bisnis. Jika sobat online ada tambahan lain, silahkan sobat sampaikan dalam kolom komentar dibawah ini dan nanti bisa kita bahas bersama untuk saling memberikan manfaat dalam strategi pengembangan bisnis. Sampai nanti dan salam sukses selalu...

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih