Rabu, September 10, 2014
2

Belajar Bisnis - Meningkatkan Penjualan Bisnis Modal Kecil

Blog Bisnis Online - Berbisnis apapun, ujung tombaknya itu ada dipenjualan, baik itu penjualan produk maupun penjualan jasa pelayanan. Bagi para pelaku bisnis dengan modal yang kecil tentu harus mampu membuat strategi marketing yang jitu dan ampuh agar nilai penjualan terus meningkat. Dan hal ini bukanlah pekerjaan yang mudah, butuh kerja keras dan waktu yang lumayan lama untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jika sobat online termasuk salah satu dari para pelaku bisnis modal kecil seperti keterangan diatas, maka ada baiknya bila sobat online melakukan suatu terobosan khusus agar penjualan sobat terus meningkat. Buatlah rencana-rencana bisnis secara taktis dan terpadu agar bisnis sobat terus berkembang. Walaupun modal diawal kecil, jika penjualan terus meningkat, tidak menutup kemungkinan bisnis sobat akan tumbun menjadi usaha yang besar.

Pelayanan Yang Maksimal
Sebagai pebisnis, selain menjual produk dan jasa tentu sobat online harus memperhatikan beberapa hal penting lainnya untuk melakukan suatu terobosan bisnis, salah satunya adalah dari sisi pelayanan. Pelayanan adalah sesi penting agar sobat online dapat mengenali karakter para konsumen dengan cara berinteraktif secara langsung maupun melalui media online. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan penjualan sobat nantinya.

Maksimalkanlah dalam pelayanan dari semua media yang ada, baik itu media offline (secara langsung) maupun media online (secara tidak langsung). Mulai dari pelayanan melalui telepon, e-mail, kartu nama, selebaran, BBM, Line, Whatsapp, media sosial, website dan lain-lain seperti keterangan tersebut. Berikanlah pelayanan yang terbaik secara keseluruhan agar semua pelanggan merasa puas. Kepuasan pelanggan adalah kemenangan buat sobat online dalam berbisnis.

Mentarget Market Yang Tepat
Hal penting yang lain adalah mentarget market yang tepat, inilah yang harus sobat lakukan berikutnya. Sobat online harus tahu target market sobat yang paling tepat itu dari segmen yang mana, inipun juga harus diperjelas. Tidak bisa sobat katakan bahwa target market sobat itu adalah semuanya, mulai dari bayi sampai para manula. Tidak bisa seperti itu, biar bagaimanapun, baik produk maupun jasa itu memiliki target market masing-masing.

Silahkan bidik target market bisnis sobat secara tepat sesuai dengan produk dan jasa yang sobat jual. Katakanlah, kalau sobat menjual kaos bola, target market sobat adalah usia remaja sampai dewasa dengan kisaran umur antara 15 hingga 30 tahun misalkan. Atau sobat online sedang menjalankan bisnis kosmetik atau alat-alat kecantikan, maka target marketnya adalah para remaja putri hingga ibu-ibu rumah tangga dengan kisaran umur antara 13 hingga 45 tahun.

Membantu Permasalahan Pelanggan
Para pelanggan membeli produk atau jasa dari sobat online itu tentunya karena suatu hal atau masalah. Membantu permasalahan pelanggan dengan menggunakan produk maupun jasa sobat hingga tuntas adalah suatu nilai plus tersendiri buat para pelanggan. Dengan demikian, sobat online akan semakin dekat dengan para pelanggan dan secara otomatis sobat akan dicintai oleh para pelanggan tersebut.

Kalau sudah seperti itu, biasanya mereka tak segan-segan untuk mereferensikan produk maupun jasa sobat online tersebut kepada para kenalannya. Bahkan dengan senang hati para pelanggan tersebut akan memberikan testimoni seputar produk maupun jasa dari bisnis sobat tersebut, walaupun itu tanpa sobat memintanya. Maka promosi dari mulut kemulut pun berjalan secara alami menjadikan bisnis modal kecil sobat semakin populer karenanya.

Mengintegrasikan Bisnis Dengan Teknologi
Teknologi berkembang begitu pesat, sangat disayangkan jika sobat online sebagai pelaku bisnis tidak memanfaatkannya secara maksimal. Smartphone dan tablet diproduksi secara besar-besaran dengan aplikasinya yang semakin canggih. Bahkan manfaat serta kegunaan dari smartphone dan tablet tersebut bisa difungsikan sebagai pengganti Personal Computer (PC) maupun laptop. Maka mengintegrasikan bisnis dengan alat-alat canggih ini adalah salah satu cara cerdas dalam pengembangan bisnis.

Dengan geoconquesting contohnya, sobat online bisa belajar seputar cara menarik pelanggan lebih banyak lagi dengan menggunakan teknologi berbasis lokasi ini berdasarkan data dan semua bentuk transaksi agar sobat bisa mencocokkan penawaran kepada para pelanggan sobat tersebut melalui teknologi ini. Sobat bisa melakukan promo untuk bisnis sobat tersebut, semisal memberikan diskon yang menarik kepada semua pelanggan.

Membuat Sistem Customization
Dalam hal pelayanan kepada pelanggan tentu sobat online tidak boleh tebang pilih, perlakukan semua pelanggan secara spesial tanpa pandang bulu. Namun biasanya, nanti sobat online akan menemukan beberapa pelanggan yang ingin mendapatkan penawaran yang berbeda dari para para pelanggan lainnya. Kebanyakan hal ini datang dari para pelanggan kalangan menengah keatas. Untuk itu, ada baiknya jika sobat online membuat sistem customization sebagai skala prioritas.

Membuat Design Untuk Promosi
Pengembangan bisnis itu selalu unik dan memiliki nilai tersendiri. Semakin sobat online memahami akan hal-hal penting ini, maka potensi bisnis sobat kedepan akan semakin berkembang dan benar-benar siap bersaing dengan kompetitor dimedan laga. Design adalah salah satunya. Design itu akan memikat para pelanggan pada pandangan pertama. Maka untuk design tentu harus sobat klasifikasikan kedalam hal-hal penting dalam pengembangan bisnis sobat.

Bilamana jika diperlukan, mintalah tolong kepada teman sobat yang ahli dalam urusan design untuk membantu kelangsungan bisnis sobat dalam hal penampilan untuk meningkatkan penjualan bisnis modal kecil sobat tersebut. Buatlah banner-banner promo yang menarik, tata website yang mudah untuk dijelajah, loading website yang cepat dan hal-hal lain yang terkait dalam urusan design.

Meningkatkan penjualan bisnis modal kecil memang bukanlah hal yang mudah, namun jika sobat online cermat dan memperhatikan hal-hal penting seperti keterangan diatas, Insya Allah bisnis sobat akan terus berkembang dari waktu kewaktu, walaupun banyak kompetitor dikanan kiri sobat dalam berbisnis. Semakin detail sobat mencermati hal-hal penting dalam bisnis dan terus melakukan evaluasi secara berkala, maka potensi untuk sukses dalam berbisnis bukanlah harapan yang kosong, sampai nanti dan salam sukses.

2 komentar:

  1. Tahukah Anda ?
    Bahwa sekarang anda bisa memiliki usaha bisnis online sendiri dengan modal yang kecil. Kenapa ? karena anda cukup bermodalkan Blog / Website gratis sudah bisa memiliki usaha Jualan : Pulsa - Token PLN - Voucher Game - Tiket Pesawat - PPOB secara ONLINE tanpa perlu mengeluarkan Modal DEPOSIT. Caranya ? Gabung bersama serbabayar.com Gratis biaya pendaftaran , Anda cukup mengcopy code widget serbabayar ke Blog / WebSite anda. Kauntunganya ? setiap transaksi yang melalui web / blog anda akan mendapat komisi , dan pembayaran komisi akan langsung di transfer ke rekening anda.

    BalasHapus

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih