Rabu, Agustus 27, 2014
0

Tips Kesehatan - Tips Menajamkan Daya Ingat Otak

Blog Bisnis Online - Siapa sih yang tidak kepengen memiliki otak yang briliant alias jenius? Saya rasa semua orang menginginkan hal ini. Namun pada kenyataaanya tidak banyak dari mereka yang benar-benar berhasil menjadi seorang yang jenius, hanya kaum minoritas saja, betul sobat?

Nah, tanda-tanda orang yang memiliki otak jenius adalah mampu menyelesaikan urusan yang sangat rumit, mampu mengingat sesuatu dengan cepat tentang peristiwa masa lalu maupun masa kini. Intinya orang jenius adalah orang yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata manusia pada umumnya.

Untuk itulah saya akan membahas seputar cara atau tips menajamkan daya ingat otak pada kesempatan ini. Saya berharap sobat bisa menyimak lebih seksama agar sobat bisa mengambil manfaat dari apa yang kita bahas kali ini. Sobat ingin lebih cerdas, bahkan menjadi jenius kan? Insya Allah artikel ini bermanfaat untuk sobat online semua...

Menstimulasi Otak Setiap Hari
Hal yang pertama yang harus sobat lakukan untuk menjamkan daya ingat otak adalah dengan cara menstimulasi otak setiap hari atau biasa juga disebut dengan senam otak. Bagaimana caranya? caranya adalah dengan memberikan beberapa pertanyaan yang harus sobat jawab sendiri nantinya.

Misalkan, sobat harus menyebutkan 5 benda diruangan kerja, 5 benda dikamar mandi, 5 benda dikamar tidur dan 5 benda diruangan dapur. Lakukan aktifitas ini setiap hari dan terus tingkatkan jumlah pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dengan demikian sobat akan terbiasa dan tanpa terasa otak sobat akan senantiasa terupgrade disetiap harinya.

Mengkonsumsi Sayuran Hijau
Otak itu juga sama seperti tubuh, yaitu butuh asupan nutrisi. Nutrisi yang paling bagus untuk otak adalah sayur mayur yang berwarna hijau, seperti bayam, daun singkong, daun pepaya, kangkung dan lain-lain, intinya adalah sayuran hijau. Dengan sering mngkonsumsi sayuran hijau, maka otak sobat akan menjadi lebih cerdas karenanya.

Mengkonsumsi Ikan Laut
Berikutnya untuk menajamkan daya ingat otak manusia adalah dengan cara sering mengkonsumsi ikan laut, terutama ikan salmon dan ikan tuna. Jenis kedua ikan ini dipercaya mampu memberikan nutrisi khusus untuk otak dan menjadikannya lebih cerdas.

Banyak Minum Air Putih
Selanjutnya adalah dengan banyak meminum air putih, hal ini juga bisa menajamkan daya ingat otak manusia. Karena sebagaimana tubuh, otak juga memerlukan air untuk mengoptimalkan daya kerjanya.

Idealnya, dalam sehari semalam sobat harus meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas. Akan lebih bagus jika lebih dari itu, namun juga jangan terlalu berlebihan. Karena kalau berlebihan tentunya akan berdampak negatif nantinya.

Istirahat Yang Cukup
Setelah seharian beraktifitas tentu otak sobat capek dan perlu untuk di istirahatkan. Cara paling efektif untuk mengistirahatkan otak sobat adalah dengan cara tidur secukupnya. Sehingga besok bangun tidur bisa lebih fresh lagi dan otak sobat sudah siap bertempur untuk menyelesaikan masalah-masalah dikehidupan sobat.

Tidur yang cukup akan membantu daya ingat otak menjadi lebih tajam. Jadi, tidur yang cukup itu disamping bisa mengembalikan stamina tubuh agar pulih dan menjadi prima kembali, disamping itu juga mampu mempertajam daya ingat otak.

Khusus bagi sobat online yang bekerja lebih banyak mengandalkan otak daripada fisik, maka saran saya adalah memberi jedah waktu istirahat untuk otak sobat dengan tidur beberapa menit untuk mengembalikan power otak agar fresh kembali untuk menyelesaikan urusan pekerjaan-pekerjaan sobat tersebut.

Mengisi Teka-Teki Silang
Cara ini memang terlihat klasik, namun dengan meluangkan waktu untuk mengisi teka-teki silang akan menjadikan daya ingat otak sobat semakin tajam. Sobat tidak percaya? Boleh sobat buktikan dan nanti boleh sobat share dalam kolom komentar dibawah untuk bahan diskusi kita.

Mengingat Masa Lalu
Masa lalu adalah bagian kehidupan manusia yang sudah terlewati dan hal ini sangat bagus untuk memicu daya ingat otak untuk melakukan penelusuran-penelusuran masa lalu. Mulai dari masa yang terdekat, misalkan masa kuliah sampai masa yang paling jauh, yaitu masa SD, masa 5 tahun? Apakah sobat mampu ingat? Atau bahkan masa 3 tahun?

Nah, hal-hal inilah yang akan menjadikan daya ingat otak sobat terasah menjadi tajam sekali. Cobalah ingat peristiwa masa lalu sedikit demi sedikit dan jadikan sebuah pembelajaran atau bahan evaluasi sekaligus untuk mengasah daya ingat otak sobat.

Berolahraga Setiap Pagi
Berikutnya adalah melakukan olahraga setiap pagi, entah itu sebatas senam, renang, silat, badminton atau minimal jalan-jalan itu akan sangat membantu untuk mempertajam daya ingat otak sobat. Karena olahraga pagi akan sangat membantu melancarkan peredaran darah dalam jaringan tubuh termasuk jaringan otak sehingga menjadikan otak sobat menjadi lebih tajam karenanya.

Demikian tips menajamkan daya ingat otak yang bisa saya bagikan kepada sobat online semuanya, semoga bermanfaat dan menjadikan sobat online semakin cerdas atau bahkan menjadi jenius karenanya, aamiin. Tidak ada yang tidak mungkin dalam dunia ini, asal sobat memiliki niat atau kemauan yang kuat dan mau merealisasikannya dalam bentuk "Action" maka hal-hal yang sobat pikir mustahil bisa saja menjadi kanyataan, terima kasih dan salam sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih