Selasa, Januari 21, 2014
16

Belajar Bisnis - Membangun Jaringan Pemasaran Terbaik

Blog Bisnis Online - Membangun jaringan bisnis untuk menuju pemasaran yang terbaik memang tidak mudah. Akan tetapi jika kita memiliki kemauan yang kuat untuk itu, maka semuanya akan bisa terealisasi. Semua berdasarkan kesungguhan para pelakunya, termasuk saya dan sobat semua tentunya.

Bisnis diinternet itu memiliki prospek yang sangat bagus, karena lini yang satu ini semakin berkembang dari hari kehari. Kesempatan dan peluang bisnis selalu ada disetiap saat, tinggal bagaimana cara terbaik untuk kita dalam memanfaatkan kesempatan emas ini.

Membangun Jaringan Bisnis
Setiap masing-masing bisnis, itu membuka kesempatan bagi setiap manusia yang responsif terhadap perkembangan disetiap masing-masing market dari bisnis itu sendiri. Setiap satu ide bisnis itu akan membuka peluang satu bisnis yang manakala ditekuni akan membuahkan sebuah kesuksesan dalam berbisnis.

Membangun jaringan bisnis itu tentu tidak bisa langsung besar. Tidak ada bisnis yang bersifat instan, semuanya butuh proses. Proses awal dalam membangun bisnis adalah fokus dan komitmen pada diri sendiri dulu, berikutnya baru faktor-faktor teknis yang lain.

Faktor-faktor teknis itu bisa dipelajari sambil berjalan, yang penting sobat fokus dan komitmenlah terlebih dahulu. Banyak belajar dan action akan menjadikan sobat mahir dengan sendirinya dengan bergulirnya sang waktu.

Memulainya dari Hobby
Hobby adalah sebuah kesukaan yang tidak akan menjadikan manusia menjadi jenuh. Maka mulailah semuanya dari sebuah hobby. sobat bisa catat semua bentuk hobby yang sobat miliki pada selembar kertas. Buatlah daftar hobby sobat minimal 10 hobby. Dari 10 hobby tersebut, pilihlah 1 hobby yang paling sobat sukai untuk sobat jadikan sebuah bisnis yang siap untuk sobat kembangkan.

Rata-rata mereka yang gagal dalam berbisnis, karena sudah salah diawalnya. Mereka terlalu memaksakan pada berbagai macam bisnis yang sebetulnya tidak mereka sukai. Akhirnya, kejenuhan ditengah-tengah perjalanan bisnispun datang melanda dan endingnya menjadikan bisnis mereka tidak jalan.

Berbeda jika sobat memulainya dari sebuah hobby, yang namanya hobby itu sampai kapanpun tidak akan mengenal jenuh. Sobat akan merasa enjoy dalam melakukan pengembangan bisnis sesuai dengan hobby sobat tersebut.

Walaupun diawal terseok-seok juga, akan tetapi sobat akan tetap survive karenanya. Fokus dan komitmen yang sobat lakukan secara konsisten, akan menjadikan sobat mahir dalam mengendalikan roda bisnis disaat pasang maupun surut. Hobby akan menguatkan sobat bertahan disaat surut dan melesat tinggi disaat pasang dan stabil pada saat mengalami guncangan hebat.

Strategi Pemasaran Terbaik
Sesuai judul topik diatas, kita akan membangun sebuah jaringan bisnis yang bisa melahirkan pemasaran yang paling terbaik. Bagaimana caranya? Sedangkan membangun pemasaran sesuai dengan target market dan dapat mendatangkan penghasilan itu tidaklah mudah.

Memang betul seperti itu, namun semua permasalahan itu pasti ada solusinya. Tepat sekali, setiap ada masalah yang datang, pastilah ada jalan keluar terbaiknya. Kalimat inilah yang akan menjadi pondasi dasar kita untuk bisa membangun jaringan bisnis dengan pemasaran terbaik.

Terkait dengan hobby sobat yang sudah sobat tentukan diawal tadi, coba sobat cari permasalahan-permasalahan yang paling mendasar. Catat juga dalam sebuah kertas secara rinci. Tidak perlu banyak, cukup sobat temukan 10 masalah saja dan temukan juga 10 solusi terbaik dari tiap-tiap masalah tersebut.

Kalau sobat seorang blogger, sobat bisa kupas 10 masalah tersebut dalam sebuah blog seperti ini. Berikan solusi demi solusi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut sampai tuntas dan mudah difaham oleh target market, yaitu para pengunjung blog sobat itu.

Solusi untuk mendatangkan penghasilan adalah dengan memberikan jasa bantuan atau berbentuk produk yang bisa menyelesaikan permasalahan tersebut terhadap mereka yang sedang memiliki masalah. Ketika mereka berhasil sobat bantu dengan jasa atau produk sobat, maka mereka akan puas.

Dan kepuasan para pelanggan ini adalah amunisi yang sangat bagus untuk mendongkrak laju dari bisnis sobat tersebut. Akhirnya, dengan konsep yang sangat sederhana ini sobat bisa sukses dalam membangun jaringan pemasaran terbaik untuk bisnis sobat.

Tidak ada sejarah yang meriwayatkan bahwasanya sebuah proses itu berjalan secara mulus tanpa adanya rintangan. Begitu pula halnya dengan proses dalam pengembangan sebuah bisnis. Rintangan akan selalu ada disetiap saat, bisa diawal, ditengah dan diakhir dari perjalanan bisnis.

Sikapilah semua itu dengan lapang dada, bangkitlah setiap kali sobat terjatuh, bangun kembali bisnis sobat yang telah porak poranda, jangan pernah menyerah dengan rintangan yang sebenarnya akan mencetak sobat menjadi orang yang sukses dalam berbisnis.

Yakinlah, bahwa semua rintangan tersebut hanya sebatas proses, bukanlah sebuah kegagalan yang menakutkan. Sebuah kesuksesan bukan dibangun dari sebuah kemalasan, keputus asaan, jiwa yang kerdil, mudah menyerah dan lain-lain.

Akan tetapi sebuah kesuksesan itu harus dibayar mahal dengan sebuah perjuangan, pengorbanan yang ikhlas, kegigihan, kedisiplinan, penuh motivasi, jiwa yang besar, pantang menyerah dan seterusnya.

Jika sobat dapat memahami konsep sederhana yang saya bagikan dalam topik kita kali ini dengan baik dan benar, Insya Allah kesuksesan akan menjadi miliki sobat dalam menjalankan setiap bisnis yang sobat tekuni.

Pesan saya, jangan terlalu buru-buru dalam membaca artikel bisnis ini, rileks dan hayati secara seksama. Jika dengan sekali membaca sobat belum mendapatkan pemahaman secara maksimal, maka ulanglah lagi sampai sobat benar-benar dapat memahaminya dengan sempurna.

Setelah itu praktekkan dan lihat hasilnya. Selamat berjuang untuk melakukan perubahan-perubahan dalam kehidupan sobat dalam berbisnis menuju kegemilangan dan kesuksesan yang sesungguhnya.

Demikian strategi membangun jaringan pemasaran terbaik versi saya, semoga bermanfaat untuk sobat online semua. Saya tunggu komentar sobat dengan kabar baik akan kesuksesan sobat dalam menumbangkan rintangan bisnis yang selama ini mengganggu dan membelenggu potensi terbaik yang sobat miliki, salam action dan sukses semoga senantiasa menyertai disetiap langkah sobat online semua, terima kasih.

16 komentar:

  1. fokus dan konsisten...go sukses

    BalasHapus
  2. terimakasih untuk informasi yang anda berikan , semoga dengan cara fokus dan konsisten akan menghantarkan kita ke pintu kesuksesan . amiin

    BalasHapus
  3. Makasih infonya mas. Saya masih baru,masih harus banyak belajar. Mudah-mudahan bisa sukses...go success.
    Http://Sh-onshop.blogpot.com

    BalasHapus
  4. Mantaap infonya Gan.. lanjut sampe sukses!

    http://www.mitrasehatiindonesia.com

    BalasHapus
  5. pebisnis itu harus mempunyai mental yang kuat , karena ritme usaha itu naik turun...jadi harus bisa mempersiapkan diri dan pinter pinter dalam memenej ..dikala naik kita harus bisa menyimpan sehingga dikala turun kita tidak kelabakan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali sobat, komentar sobat super sekali. Sukses untukmu ya sob...

      Hapus
  6. mantep nich pak artikelnya jadi tambah ilmu.... semoga makin sukses ya pak..

    BalasHapus
  7. Asslm, salam kenal dan izin singgah di rumah maya blogger senior nih Bos.. Pemasaran n' penjualan memang ujung tombak suatu bisnis, apalagi kalau dibarengi produk yang memang berkualitas dijamin 1000% lebih maknyus lagi.. Sukses terus buat Anda, MasBro..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa 'alaikum salam.. Salam kenal kembali kang Usep Rizal. Betul sekali kang, strategi pemasaran yang baik dan benar dengan produk yang berkualitas plus pelayanan yang okay akan menjadikan penjualan akan senantiasa repeat order, Insya Allah.. Makasih sudah berkenan mampir dan sukses juga untuk kang Usep Rizal...

      Hapus
  8. Gampang-gampang susah memang dalam membangun sebuah jaringan bisnis yang berjalan sesuai harapan. Jujur saja saya memiliki 53 cabang pemasaran jaringan hampir diseluruh kota-kota besar Indonesia. Kendalanya hanya sedikit saja yang aktif. Apakah yang salah dengan jaringan saya pak? Mohon pencerahannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Pak Cepi Ali Anwari, membangun jaringan bisnis yang sesuai dengan harapan kita itu gampang-gampang susah, saya sangat setuju sekali dengan pendapat bapak. Gampang jika seseorang telah melewati prosesnya dengan sebuah keberhasilan yang gemilang, dan susah jika mengalami kondisi sebaliknya. Disini kita bisa tarik benang merahnya Pak cepi, artinya; jaringan bisnis bapak sudah berkembang menjadi 53 cabang, ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa sekali. Adapun mengenai masalah hanya sedikit saja yang aktif, ini saya rasa tinggal melakukan evaluasi dan inovasi pak, tidak ada yang salah dari jaringan bapak, memang prosesnya seperti itu, jadi tinggal digulirkan terus pak, fokus dan konsistenlah terus ya pak, sukseslah buat pak Cepi Ali Anwari...

      Hapus

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih