1

Bisnis Online - Cara Membuat E-mail

Blog Bisnis Online - E-mail atau surat elektronik adalah sesuatu yang mendasar (wajib) bagi mereka yang mau terjun dibisnis online. Karena email mempunyai peranan yang sangat penting sekali. Hampir semua aktifitas online mempersyaratkan e-mail sebagai  bentuk registrasi (pendaftaran).

Maka dari itu pada kesempatan ini saya akan membahas seputar e-mail bersama sobat online semua, khususnya bagi sobat yang masih baru dan ingin menekuni bisnis online atau bisnis di internet. Topik ini adalah dasar dari bisnis online. Barang siapa yang akan menekuni bisnis online, maka dia harus tau tentang surat elektronik ini.

Secara garis besar e-mail itu seperti apa, saya yakin sebagian besar dari sobat online tentu sudah dapat memahaminya dengan baik, karena ini bukanlah hal yang baru lagi, akan tetapi bagi mereka yang masih baru, saya yakin hal ini masih agak sedikit asing tentunya. Biar nggak asing dan lebih akrab dengan surat-menyurat dengan media elektronik ini, maka saya akan membahasnya secara tuntas, Insya Allah.   

Alamat E-mail
Alamat e-mail adalah sebuah alamat yang digunakan untuk menerima pesan surat elektronik di internet, untuk mendaftar disitus-situs tertentu, untuk mengikuti program bisnis online dan yang lain lain. Semua mekanisme tentang surat-menyurat elektronik di media internet itu ditujukan  berdasarkan alamat email yang direferensikan, maka dari itu alamat e-mail itu sangat dan teramat penting.

Alamat email itu seperti apa? Alamat e-mail itu misalkan seperti contoh, nama@contoh.com, dibacanya adalah (nama at contoh dot com). Untuk kalimah sebelum tanda @ itu berfungsi sebagai alamat sobat, dan kalimah setelah tanda @ itu merupakan alamat domain, misalkan google, yahoo, hotmail dan yang lain-lain.

Login E-mail
Untuk dapat membaca e-mail yang telah dikirimkan, maka si penerima email haruslah login (masuk) terlebih dahulu pada situs dimana dia mendaftar, bisa di Google, Yahoo, Hotmail dan situs-situs penyedia fasilitas email dimana dulu dia mendaftarkannya.

Nah, setelah itu barulah masuk dengan menggunakan e-mail yang telah dibuat berikut password (kata kunci) nya. Biasanya ada kode captcha-nya untuk menandai bahwa yang masuk adalah benar-benar manusia dan bukanlah robot.

Google
Salah satu situs terbesar penyedia pembuatan e-mail adalah Google. Google merupakan search engine (mesin pencari) terbesar saat ini yang memberikan fasilitas itu. Bagi sobat yang belum memiliki email, bisa membuatnya disitus ini. Google tidak tanggung-tanggung memberikan space (kuota) kepada sobat sebesar 136 MB, kuota yang sangat besar dan lebih dari cukup untuk menampung pesan surat elektronik yang ditujukan kepada sobat di Google.

Untuk itu, bagi sobat yang belum memiliki e-mail, saya sangat merekomendasikan untuk memiliki e-mail di Google. Selain space-nya yang cukup besar, Google juga menyediakan banyak fasilitas-fasilitas yang lainnya, sobat nanti bisa lihat seperti apa fasilitas yang diberikan oleh Google setelah sobat masuk ke dalam situsnya, sobat bisa buktikan sendiri, ok?

E-mail Gmail
Google menamai emailnya dengan nama e-mail gmail, atau detailnya adalah G sama dengan google dan Mail adalah pesan (surat), maka secara simbolis gmail bisa juga dikatakan sebagai surat google. Itulah sedikit cuplikan dan sejarahnya gmail, sobat lebih faham kan sekarang? Okay, mari kita lanjutkan kembali ekspedisi kita tentang e-mail, hehehe....!

Gmail Indonesia
Gmail Indonesia adalah e-mail google yang dikhususkan bagi masyarakat Indonesia. Pengkhususan ini diberikan oleh google dengan adanya tanda co.id, dibaca (co dot id). Mungkin sobat bertanya-tanya dalam hati, “lantas apa bedanya dengan gmail yang bertanda com?”

Jelas beda sobatku, kalau com itu sifatnya umum, dan co dot id itu lsifatnya ebih spesifik atau lebih Indonesia, katakanlah begitu, karena arti dari id itu sama dengan Indonesia. Sama-sama comersil sih, karena arti dari com atau co itu sama dengan comersil, cuma bedanya antara spesifik dan umum saja. Secara fasilitas antara com dan co dot id semuanya sama, berbeda dengan edu yang mempunyai arti edukasi, org (organisasi), net (IT) dan lain-lain.

Cara Membuat Akun Gmail

Daftar Gmail
Cara membuat akun gmail sangat mudah sekali, sobat tinggal pergi ke Google sini, dan sobat akan disuguhi gambar seperti dibawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-1

Gmail Sign Up
Selanjutnya, arahkan pandangan sobat ke atas, disitu ada beberapa menu, di antaranya adalah menu gmail, seperti gambar yang saya tandai lingkaran merah, sobat bisa mengkliknya untuk melakukan gmail sign up, silahkan perhatikan gambar dibawah:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-2

Setelah sobat klik, maka sobat akan di arahkan ke halaman berikutnya, sobat bisa lihat dibagian atas pojok sebelah kanan ada menu “BUAT AKUN” dalam lingkaran disertai penunujuk anak panah, disitu sobat klik seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-3

Lalu sobat akan dibawa ke halaman berikutnya, dan silahkan sobat isi data-data sobat secara lengkap mulai dari nama depan, nama belakang dan kesemua data yang di inginkan oleh Google, silahkan sobat isi semua jangan sampai ada yang ketinggalan, jika email yang sobat inginkan ternyata ditolak oleh google, itu pertanda email yang sobat inginkan sudah digunakan oleh orang yang lain yang kebetulan namanya sama seperti sobat.

Contohnya nama sobat adalah Budi Irawan, tentu sobat menginginkan e-mail dengan nama budiirawan@gmail.com akan tetapi disitu google menolaknya, karena ternyata email tersebut sudah dipakai oleh orang lain yang kebetulan namanya sama dengan sobat. Lalu bagaimana solusinya? Tenang aja sobat, setiap masalah pasti ada solusinya kok, percayalah, hehehe...! Solusinya adalah, sobat bisa menambahkan titik di antaranya, atau angka di belakang, seperti yang saya contohkan dalam gambar dibawah, disana saya isi dengan nama “denmaslawe2012”, sobat juga bisa membuatnya budi.irawan@gmail.com atau budiirawan2012@gmail.com.

Kalau namanya cuma satu kalimah bagaimana? Padahal di situ ada permintaan nama depan dan nama belakang, padahal nama sobat cuma depan doang, belakangnya nggak ada, contoh nama sobat adalah “Parmin” ini kan satu kalimah namanya, hehehe...! Maklumlah, namanya juga nama tempo doeloe, jadi singkat-singkat nggak kaya anak jaman sekarang, namanya puanjang-panjang banget kaya kereta api, hehehe...! Solusinya mudah sobat, sobat bisa mengakalinya dengan “Par” sebagai nama depan, dan “Min” sebagai nama belakang, jiahahaha....jadilah “Parmin” nama keren tempo doeloe seperti yang sobat inginkan. Masalah emailnya, sobat bisa menggunakan cara seperti metode di atas.

Lalu, jika di kolom “Alamat E-mail Anda Saat Ini” sobat belum ada, itu bisa dikosongkan saja, dan jangan lupa sobat harus mencontreng persetujuan persyaratan serta memasukkan kode captcha ke dalam kolomnya, setelah semuanya tidak ada yang ketinggalan, sobat bisa klik “Langkah berikutnya” dalam kotak kolom berwarna biru paling bawah dipojok sebelah kanan seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-4

Jika tidak ada yang salah, maka sobat akan dibawa ke halaman selanjunya, untuk memverifikasi akun e-mail sobat di Google. Pilihlah cara verifikasi e-mail yang paling mudah yaitu dengan nomor handpone yang telah sobat cantumkan dalam data di awal tadi dan sobat pilih jenis verifikasi melalui pesan singkat (sms), lalu sobat klik “Kirim kode verifikasi” seperti gambar dalam lingkaran dengan penunjuk anak panah dibawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-5

Setelah itu, google akan mengirimkan kode verifikasi untuk akun baru sobat melalui sms. Silahkan sobat tunggu beberapa saat, jika ada masalah jaringan atau sebab error yang lain, sobat bisa mengklik ditulisan paling bawah di ujung sebelah kana berwana biru dengan bunyi kalimah “coba lagi” di situ sobat klik untuk permintaan kode verifikasi yang baru. Dan jika tidak ada masalah, maka sms kode verifikasi akan sobat terima kurang dari 1 menit. Lalu sobat bisa masukkan kode verifikasi dari google ke kolom “Kode verifikasi” dan sobat bisa mengklik “verifikasi” dalam kolom berwarna biru seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-6

Lalu sobat akan di bawa oleh google ke halaman berikutnya untuk menambahkan photo profile, itu bisa sobat tambahkan nanti dan sobat bisa mengklik “Langkah berikutnya” dalam kolom berwarna biru di pojokj paling bawah sebelah kanan seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-7

Lalu sobat akan dibawa ke halaman paripurna dengan ucapan selamat datang dari google untuk sobat dan sobat bisa mengklik “Lanjutkan ke Gmail” dalam kolom berwarna biru dalam lingkaran tertanda anak panah seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-8

Waduh dalam proses, eng ing eeeng....coba perhatikan gambar di bawah ini sobat:

Cara Membuat E-mail - Belajar Bisnis Online-9

Horeeeeeeeeeee..... E-mail sobat sudah jadi, ternyata sobat yang masih barupun bisa membuat email sendiri di Google, duuuh senengnya, hehehe... Ini adalah awal kesuksesan sobat dibisnis online. Selanjutnya sobat tinggal login, sign in atau masuk dengan menggunakan e-mail sobat yang baru saja sobat buat sendiri untuk kegiatan surat menyurat secara online. Demikianlah cara membuat e-mail dan sampai nanti dan sampai ketemu dipostingan berikutnya, salam sukses buat sobat semua.

1 komentar:

Catatan: Silahkan Berkomentar Dengan Tanpa Menggunakan Link Iklan dan Bold. Terima Kasih